Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
13 January 2024

Memasak Bersama Anak-anak TK Islam Yaa Bunayya : Sup Jagung dan Perkedel Tahu

Saturday, 13 January 2024 Kategori : Kegiatan TK

Oleh Adelia Intan Rahmaniar, S.I.Kom

Anak-anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) memasuki fase pertumbuhan yang kritis, dan penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki kebiasaan hidup sehat.

Anak-anak usia 4 sampai 5 tahun perlu mendapatkan nutrisi yang memadai untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pastikan mereka mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Ajarkan mereka untuk menyukai buah, sayuran, dan sumber makanan yang sehat.

Cooking 4 Sehat 5 Sempurna :  Sup Jagung dan Perkedel Tahu

Pada hari yang cerah di TK kami, atas izin Allah pada hari Jum’at 12 Januari 2024 kami melibatkan anak-anak TK Islam Yaa Bunayya dalam kegiatan memasak yang menyenangkan dan mendidik. Kali ini, kami memilih dua resep yang sederhana dan lezat: Sup Jagung dan Pergedel Tahu. Kegiatan ini tidak hanya membangun keterampilan praktis, tetapi juga memperkenalkan mereka pada keajaiban dunia kuliner.

Sup Jagung yang Bergizi

Anak-anak dengan semangat penuh bergabung dalam memasak sup jagung yang penuh warna. Mereka dibagi dalam kelompok yang berbeda – beda dalam mengolah masakan.  Alhamdulillah Anak-anak antusias saat memipil jagung dan menyuwir ayam sebagai tambahan kondimen campuran lain dalam sup jagung, selain itu Ummi menambahkan wortel yang sudah dipotong dadu. Dalam prosesnya, mereka belajar tentang berbagai bahan makanan serta manfaat nya, anak-anak belajar bersyukur atas penciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala serta memahami bagaimana mengolah makanan yang sehat.

Setelah bahan-bahan dikumpulkan, anak-anak dengan bangga mencampurkan semuanya ke dalam panci. Sambil menunggu sup mendidih, mereka menyebutkan peran masing-masing makanan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Perkedel Tahu

Selain menyajikan sup jagung, kami membuat perkedel tahu. Anak-anak menunjukkan kreativitas mereka dengan meremas tahu putih, menambahkan wortel parut, dan jagung serta bumbu-bumbu lainnya.

Proses memasak perkedel tahu melibatkan keterampilan motorik halus, memperkuat koordinasi tangan dan mata mereka. Anak-anak mengekspresikan kebahagiaan mereka ketika melihat perkedel tahu yang mereka buat berubah warna menjadi cokelat keemasan setelah digoreng.

Pembelajaran Sejalan dengan Kegembiraan

Selain pengalaman praktis di dapur, kegiatan ini juga memberikan peluang untuk pembelajaran lintas mata pelajaran. Anak-anak belajar tentang rasa, warna, dan tekstur melalui sentuhan dan penciuman. Serta dapat mengenal makanan sehat dari kegiatan cooking yang dilaksanakan di TK Islam Yaa Bunayya.

Kegiatan memasak ini bukan hanya sekadar meramu makanan, tetapi juga menstimulasi imajinasi anak-anak dan memupuk semangat Kerjasama dan gotong royong. Seiring aroma harum menyelinap di seluruh ruangan, senyuman dan tawa anak-anak menggambarkan keberhasilan sebuah pengalaman yang mendidik dan menyenangkan.

Saat hidangan selesai di masak. Anak- anak mencetak nasi ke dalam piring nya masing-masing dan mengantre barisan untuk mengambil sup jagung yang sudah selesai dimasak. Tak lupa hidangan sup jagung dan perkedel tahu, dilengkapi dengan buah semangka dan susu yang sudah anak-anak bawa masing-masing dari rumah.

Maasyaa Allah, baarakallahu fiikum ananda shalih shalihah, semoga dengan kegiatan cooking yang ke 3 ini, semakin memupuk ananda untuk semakin bersyukur atas nikmat yang telah Allah Ta’ala limpahkan kita serta semoga menjadi penyemangat untuk ananda mengikuti kegiatan pembelajaran disekolah.

 

No Comments

Tinggalkan Komentar