Info
Saturday, 28 Jan 2023
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
15 August 2022

Menanam Tauge dengan Media Kapas

Monday, 15 August 2022 Kategori : Kegiatan Tahunan / Kegiatan TK / Life Skill
Penulis : Lukluul Magnun
(Guru TK YBIS)

 

Apakah kamu salah satu orang yang suka dengan sayur tauge? Selain sangat menyehatkan dan membantu meningkatkan kesuburan kandungan, sayur tauge juga memiliki rasa yang enak. Sayuran ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera.

Ketika hendak memasak tauge, dari mana kamu mendapatkan tauge tersebut? Beli di penjual sayur yang tiap hari lewat depan rumah atau pergi ke pasar ? Jika kamu ingin masak tauge yang dibuat sendiri di rumah, sebenarnya sangat mudah kok. Selain lebih hemat, membuat tauge sendiri ini juga meningkatkan daya kreativitas kita.

Mau tahu Langkah mudah menanam tauge dengan kapas ?

Menanam tauge sendiri bisa menjadi pilihan tepat untuk mengantisipasi kenaikan harga sayuran. Apalagi tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan dan campuran berbagai jenis makanan. Tauge yang kita makan sejatinya merupakan suatu tunas yang baru berkembang dari tahap biji. Nah, untuk bisa menanam tauge, kita tidak harus menggunakan tanah karena ada media lain yang bisa digunakan untuk membudidayakan tauge yaitu dengan kapas. Melalui proses pembuatan tauge ini kita akan melihat mudahnya membuat tauge.

Nah, untuk menanam biji kacang hijau menjadi tauge, alat dan bahan yang diperlukan adalah : biji kacang hijau, kapas, cangkir plastik dan air secukupnya.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut :

  1. Letakkan kapas pada cangkir plastik.
  2. Letakkan biji kacang hijau pada kapas yang ada di cangkir plastik.
  3. Basahi biji kacang hijau dengan cara menyiram air secukupnya pada kapas.
  4. Simpan di tempat yang tidak kena sinar matahari.

Siramlah tanaman tauge dengan air secukupnya dan amati pula pertumbuhan tauge mulai dari hari pertama sampai hari ke tiga,

Selamat Mencoba….

 

Ini merupakan hasil dari menanam tauge setelah 2 hari.

 

Sumber :
Yaa Bunayya Islamic School

No Comments

Tinggalkan Komentar