Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
15 February 2024

Menjelajah Palembang dari Jendela LRT

Thursday, 15 February 2024 Kategori : Field Trip / Kegiatan Tahunan

Oleh Sri Wahyuni, BRMI

Bismillah was shalatu wa salamu’ala Rasulullah wa’ala aalihi wa shohbihi ajma’in

Alhamdulillah atas izin Allah subhanahu wa ta’ala, anak didik TK Yaa Bunayya Islamic School telah menyelenggarakan kegiatan Edu Trip ke LRT Palembang yang dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Februari 2024.

Ketika berbicara tentang pendidikan anak usia dini, pengalaman langsung adalah kunci untuk memperluas pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka. Salah satu cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk memperkenalkan anak-anak TK pada transportasi publik adalah melalui perjalanan edukasi ke Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan. Dengan kombinasi antara pembelajaran langsung dan petualangan, anak-anak dapat belajar banyak tentang transportasi, lingkungan, dan masyarakat sekitar mereka.

Tujuan Pendidikan

Pengenalan Transportasi Publik: Anak-anak akan belajar tentang konsep transportasi publik dan bagaimana kereta api membantu orang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan aman dan efisien.

Pengamatan Lingkungan: Selama perjalanan dengan LRT, anak-anak akan diajak untuk mengamati lingkungan sekitar, termasuk bangunan, jalan, dan alam. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan konsep geografi dan lingkungan kepada mereka.

Keselamatan: Anak-anak akan diajarkan tentang pentingnya keselamatan di sekitar jalur kereta api, termasuk bagaimana berperilaku yang benar saat berada di stasiun dan di dalam kereta.

Kebudayaan dan Masyarakat: Melalui perjalanan ini, anak-anak akan diperkenalkan pada keanekaragaman budaya dan masyarakat Palembang. Mereka dapat mengamati dan menghargai keragaman yang ada di sekitar mereka.

Anak-anak memulai perjalanan dengan berkumpul di sekolah dan pergi  menuju LRT ke stasiun bandara menggunakan bis. Anak-anak telah mendapatkan pembelajaran tentang mode transportasi publik dengan menaiki Bis. Sesampainya di stasiun bandara, anak-anak diberikan edukasi oleh pihak LRT Palembang tentang apa saja yang ada distasiun, fasilitas keamanan, fasilitas kesehatan, apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh. Anak-anak juga diajak untuk mencoba naik dan turun LRT.

Perjalanan anak-anak dimulai dari stasiun bandara sampai ke stasiun DJKA, selama perjalanan, anak-anak dapat melihat pemandangan kota Palembang dari atas LRT. Anak-anak mengamati dan mendiskusikan lingkungan sekitar, termasuk bangunan, jalanan, dan alam.  Saat melewati jembatan Ampera anak-anak disuguhkan dengan pemandangan sungai Musi yang telah menjadi ciri khas kota Palembang lengkap dengan kapal dan perahu yang berlalu lalang, Anak-anak juga diajak untuk mengenal perbedaan pada setiap stasiun yang dilalui (st.bandara, st.asrama haji, st. punti kayu, st. RSUD, st. Dempo, st.demang, st. Bumi Sriwijaya, st. Dishub, st. Cinde, st. Ampera, st. Polresta, st. Jakabaring, st. DJKA)

Dengan adanya perjalanan ini diharapkan Anak-anak mendapatkan pengetahuan baru tentang berbagai jenis transportasi, belajar tentang cara menggunakan moda transportasi umum, melatih kemandirian dan kedisiplinan, serta mendapatkan pengalaman baru dan menyenangkan.

Perjalanan edukasi ke LRT Sumatera Selatan adalah pengalaman yang berharga bagi anak-anak TK. Dengan menggabungkan pembelajaran langsung, pengamatan lingkungan, dan petualangan, anak-anak dapat memperluas pemahaman mereka tentang transportasi, lingkungan, dan masyarakat sekitar mereka. Dengan persiapan yang tepat dan pengawasan yang cermat, perjalanan ini akan menjadi momen berkesan yang dapat membuka pintu ke pengetahuan dan pengalaman baru bagi anak-anak.

No Comments

Tinggalkan Komentar