Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Sosialisasi Bagi Anak dan Perkembangannya

Thursday, 14 April 2022 Oleh : admin
Penulis : Putri Aisyah Asni, S.Pd.I.
(Guru SD YBIS)
   

Bersosialisasi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain. Karena manusia bersifat makluk sosial bersosialisasi merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk bersosilisasi dengan orang lain. Karena sangat pentingnya bersosialisasi maka sikap sosialisasi ada baiknya diajarkan oleh para orang tua kepada buah hatinya sejak masih usia dini. Sebagai orang tua juga harus tahu mengenai “Pentingnya sosialisasi bagi anak.”

Mempunyai Banyak Teman

Mudah bergaul serta mempunyai banyak teman merupakan manfaat yang akan didapatkan oleh anak jika mampu bersosialisasi dengan baik. Orang yang belum lama kenal sekalipun jika buah hati mampu bersosialisasi dengan baik akan membuatnya menjadi teman karena teman baru tersebut merasa nyaman dan cocok dengan sosialisasi yang dilakukan oleh anak. Perintah Agar Bergaul Dengan Orang-Orang Yang Sholih.

Allah Menyatakan Dalam Al Qur’an Bahwa Salah Satu Sebab Utama Yang Membantu Menguatkan Iman Para Shahabat Nabi Adalah Keberadaan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Di Tengah-Tengah Mereka. Allah Ta’ala Berfirman,

وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنْتُمْ تُتْلَى عَلَيْكُمْ آَيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Bagaimana Mungkin (Tidak Mungkin) Kalian Menjadi Kafir, Sedangkan Ayat-Ayat Allah Dibacakan Kepada Kalian, Dan Rasul-Nyapun Berada Ditengah-Tengah Kalian? Dan Barangsiapa Yang Berpegang Teguh Kepada (Agama) Allah Maka Sesungguhnya Dia Telah Diberi Petunjuk Kepada Jalan Yang Lurus.

Q.S. Ali ‘Imran : 101

Allah Juga Memerintahkan Agar Selalu Bersama Dengan Orang-Orang Yang Baik. Allah Ta’ala Berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Hai Orang-Orang Yang Beriman, Bertakwalah Kepada Allah, Dan Hendaklah Kamu Bersama Orang-Orang Yang Benar(Jujur).”

Q.S. At Taubah : 119

Membantu Membentuk Kepribadian Anak

Salah satu manfaat dari bersosialisasi adalah membantu membentuk kepribadian anak. anak yang terlahir ke dunia ini pastinya tidak akan mengetahui apapun, akan tetapi dengan sosialisasi yang dilakukan oleh kedua orang tua, guru, serta lingkungan sekitar anak akan mulai mengenal apa itu bahasa, budaya, serta norma-norma yang ada. Karakter serta kepribadian anak perlahan-lahan akan terbentuk dengan sendirinya dengan bersosialisasi. Untuk itu agar kepribadian buah hati dapat terbentuk sesuai dengan keinginan lebih baik mulailah mengajarkan anak untuk berani bersosialisasi baik dengan teman maupun dengan lingkungannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”.

H.R. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2/344, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ 3545

Al Ghozali rahimahullah mengatakan,

“Bersahabat dan bergaul dengan orang-orang yang pelit, akan mengakibatkan kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang zuhud, membuat kita juga ikut zuhud dalam masalah dunia. Karena memang asalnya seseorang akan mencontoh teman dekatnya.”

Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih teman bergaul. Jauhilah teman bergaul yang jelek jika tidak mampu merubah mereka. Jangan terhanyut dengan pergaulan yang malas-malasan dan penuh kejelekan. Banyak sekali yang menjadi baik karena pengaruh lingkungan yang baik. Yang sebelumnya malas shalat atau malas shalat jama’ah, akhirnya mulai rajin. Sebaliknya, banyak yang menjadi rusak pula karena lingkungan yang jelek.

Membantu Anak Memiliki Keyakinan

Bersosialisasi juga bermanfaat untuk membantu anak memiliki keyakinan di dalam dirinya. Keyakinan tersebut dapat berupa rasa percaya diri yang timbul di dalam diri anak. Anak dengan keyakinan serta rasa percaya diri yang tinggi akan membuat anak mudah untuk melakukan segala sesuatu karena sudah mempunyai keyakinan serta rasa percaya diri di dalam dirinya.

Berbeda dengan anak yang selalu minder, pemalu, serta rasa percaya diri yang tidak muncul, anak tersebut cenderung akan sulit untuk berbuat sesuatu karena merasa takut dan merasa tidak bisa untuk melakukannya.

Dengan Bersosialisasi Anak Akan Belajar Perbedaan

Ketika anak memasuki usia sekolah pastinya akan menemukan berbagai hal baru di dalam hidupnya termasuk juga berbagai macam teman akan ditemuinya. Jika anak mampu bersosialisasi dengan baik anak akan mulai mengerti dan akan tahu tentang apa itu perbedaan serta bagaimana cara menyikapi perbedaan tersebut.

Perbedaan bukanlah sebuah penghalang justru dengan bersosialosasi anak akan menganggap perbedaan tersebut sebuah keragaman yang harus selalu dijaga.

Bersosialisasi Mampu Membuat Anak Berpartisipasi Dalam Kelompok Sosial di Lingkungannya

Manfaat dari bersosialisasi bagi anak adalah mempu membuat anak berpartisipasi dalam kelompok sosial di lingkungannya. Anak yang suka bersosialisasi serta bergaul dengan teman yang ada disekitarnya akan menjadi tahu berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya, sehingga anak secara otomatis akan terlibat di dalamnya. Anak yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya hanya akan diam dan tidak akan pernah tahu segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.

Semoga Allah mudahkan dan beri taufik untuk terus istiqomah dalam agama ini.

Sumber :
https://rumaysho.com/1287-pengaruh-teman-bergaul-yang-baik

https://infokeluargaindonesia.com/pentingnya-sosialisasi-bagi-anak-dan-perkembangan

No Comments

Tinggalkan Komentar