Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Rekomendasi Kegiatan untuk Anak SD Selama Bulan Ramadhan

Thursday, 2 March 2023 Oleh : admin

Penulis : Dhella Anggesta Vanindya, S.Tr.Ak.
(Staf Administrasi SD YBIS)

Alhamdulillah, wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’in.

Sebentar lagi kita akan menginjak bulan Ramadhan, sudah saatnya kita mempersiapkan ilmu untuk menyongsong bulan tersebut. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan merupakan saat-saat yang dinantikan umat Islam setiap tahunnya. Sepanjang Ramadhan, mereka wajib berpuasa sebelum masuk ke bulan Syawal yang menandakan Hari Raya Idul Fitri.

Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al Qur’an diturunkan.
Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Banyaknya waktu luang yang bisa dimanfaatkan dengan lebih baik dalam bulan Ramadhan ini, terutama untuk peserta didik baik TK ataupun SD, berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan :

  1. Bakti Sosial

Pentingnya menanamkan dan menumbuhkan rasa simpati dan empati dalam diri anak, bisa dimulai dengan cara mengajarkan anak berbagi. Di bulan Ramadhan ini menjadi salah satu waktu yang bisa dimanfaatkan dengan baik bagi anak-anak untuk bersedekah, membantu teman-temannya yang berada di lingkungan sekitar, panti asuhan ataupun tempat lainnya.

  1. Pesantren Ramadhan

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak sekolah yang umum dilaksanakan berikutnya adalah pesantren ramadhan. Singkatnya, kegiatan ini berisi pendalaman ilmu agama Islam kepada para siswa dan biasa diadakan oleh sekolah. Mulai dari tausiyah kisah nabi, membaca Al-Qur’an, nonton bersama kisah-kisah nabi, membuat kartu ucapan Idul Fitri dan masih banyak lagi.

  1. Membersihkan Rumah Bersama Orang Tua

Membersihkan rumah merupakan hal yang biasa dilakukan sehari-hari, namun dengan banyaknya waktu dirumah dibandingkan dengan bulan biasanya, hal in ibisa menjadi kegiatan bersama dirumah sekaligus dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. Untuk melakukannya, orangtua bisa meminta bantuan anak-anak dalam melaksanakan tugas-tugas ringan yang menjadikan keterlibatannya dalam bekerja sama untuk membersihkan rumah. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan anak bahwa membersihkan rumah merupakan tanggung jawab bersama.

  1. Memperbanyak membaca dan muroja’ah hafalan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan indentik dengan bulan turunnya Al-Qur’an, sehingga pada bulan ini akan sangat baik jika anak-anak bisa lebih semangat membaca dan muroja’ah hafalannya karena melihat contoh semangat orangtuanya dirumah dalam membaca Al-Qur’an. Mengisi sela-sela waktu menunggu berbuka dengan muroja’ah hafalan atau bermain sambung ayat bersama.

  1. Berbuka Puasa Bersama

Kurang lengkap rasanya apabila selama Ramadhan tidak melakukan aktivitas seperti berbuka puasa bersama, karena waktu yang paling ditunggu saat berpuasa adalah berbuka dan akan lebih nikmat apabila bersama dengan orang-orang tersayang. Daripada hanya berbuka puasa bersama, kegiatan ini bisa dimulai dengan memikirkan menu yang diinginkan anak untuk berbuka, kemudian menyiapkan menu berbuka tersebut bersama anak dan menyantap menu berbuka puasa bersama. Kegiatan ini bisa menjadikan rutinitas yang mampu mengeratkan hubungan kekeluargaan, mengisi kekosongan hari-hari lalu yang mungkin terabaikan oleh kesibukan masing-masing.

  1. Mengajak Anak I’tikaf di Masjid

I’tikaf diartikan sebagai kegiatan tetap diam di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dengan niat beribadah. Biasanya diisi dengan berdzikir, membaca Al-Qur’an, memperbanyak shalat sunnah dan kegiatan terpuji lainnya dengan tujuan ibadah.

Mengajak anak untuk melakukan I’tikaf bersama bisa menjadi salah satu kenangan baru di bulan Ramadhan bagi masa kecilnya, dengan mendidik dan mengenalkan anak terhadap lingkungan dan suasana Ramadhan yang lebih hangat.

Demikian berbagai kegiatan bulan Ramadhan untuk anak-anak TK dan SD yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin melalui bulan Ramadhan bersama buah hati dengan tidak hanya menjalani puasa dengan berdiam diri di rumah.

Sumber : muslim.or.id dan katadata.co.id

 

No Comments

Tinggalkan Komentar