Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

6 Ways To Teach Public Speaking To Kids

Saturday, 12 March 2022 Oleh : admin
Penulis : Nyiayu Nelly Windarti, S.Pd.
(Guru Bahasa Inggris SD YBIS)
   

Public speaking yang baik merupakan investasi pendidikan yang dapat membantu anak-anak sukses di masa depan. Beberapa orang tua sangat bangga sekali ketika melihat anak nya memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Kemampuan berbicara di depan publik membantu anak-anak merasa nyaman ketika berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, kemampuan public speaking juga meningkatkan rasa percaya diri dan bisa menjadi bekal untuk karier anak di masa depan. Kemampuan ini juga harus mulai di asah sejak dini dan diajarkan kepada anak-anak secara berkala.

Ada beberapa tips yang orang tua dapat lakukan untuk mengembangkan kemampuan public speaking anak :

1. Get started by writing.

Anak-anak harus memahami bahwa kata-kata dan bahasa adalah sarana untuk menyampaikan pikiran untuk berbicara di depan umum. Hal ini juga dapat membantu anak-anak agar lebih mudah mengatur pikiran dan merumuskan argumen yang kuat melalui tulisan terlebih dulu. Jika apa yang mau disampaikan sudah terorganisir, maka anak pun lebih percaya diri dan lancar berbicara di depan umum.

2. Don’t be afraid of complicated grammatical !

Tata bahasa merupakan aspek penting dalam komunikasi. Namun, bagaimana pun juga, obsesi kepada hal tersebut akan memengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan lancar. Sebaiknya, ajarkan kepada Si Kecil untuk fokus kepada apa yang ingin ia sampaikan, dibanding terlalu terpaku pada tata Bahasa (grammar). Terlalu fokus pada tata Bahasa akan membuat anak-anak terjebak di dalam pikiran mereka dan mereka mulai tidak percaya diri untuk berbicara.

3. Try to do many activities

Ketika membahas tentang public speaking, orang-orang sering mengaitkannya dengan aksi debat. Padahal, hal utama yang dibutuhkan dari public speaking adalah kemampuan berkomunikasi di depan audiens yang beragam. Cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan mengenalkan anak ke berbagai jenis kegiatan berbicara di depan umum. Misalnya, membacakan cerita , melakukan monolog di atas panggung atau berpura-pura menjadi seorang reporter. Bahkan orang tua dapat mengajak anak bermain peran di rumah, misalkan seorang anak akan menjadi seorang reporter, MC, host atau menjadi seorang bintang tamu dalam sebuah acara.

4. Record the action.

Merekam aksi anak-anak pada saat mereka berperan menjadi seorang public speaker akan membuat anak-anak bersemangat karena dapat melihat penampilannya sendiri di depan kamera. anak berlatih berbicara dan melihat penampilannya sendiri di depan kamera, hal ini bisa mengurangi keraguan dalam diri anak dan membantu meningkatkan kepercayaan dirinya.

5. Get rid of the fear !

Setiap orang memiliki rasa takut yang akhirnya menghambat mereka untuk berbicara dengan percaya diri di depan publik, tak terkecuali anak-anak. Oleh sebab itu, orang tua perlu menghilangkan rasa takut ini dari anak. Tanyakan kepada Si Kecil apa yang menjadi kekhawatirannya saat harus berkomunikasi di depan banyak orang. Selanjutnya, bantu anak mengatasi masalahnya tersebut secara perlahan tapi pasti.

6. Join or create public speaking club.

Kelompok sosial memainkan peran besar dalam memberikan dukungan dan feedback. Jika Sang anak tertarik, orang tua bisa mendaftarkannya ke kegiatan yang melibatkan public speaking. Pastikan ia merasa nyaman dan memiliki dorongan untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

Orang tua juga bisa menciptakan grup sendiri yang berisi 3-4 orang yang terdiri dari anggota keluarga misalnya. Aturlah jadwal di mana anak-anak harus menceritakan sesuatu di depan kalian. Bisa tentang hobi, pengalamannya, hingga hal-hal rumit mengenai pendapatkan akan suatu isu yang sedang terjadi. Tentunya, topik yang dipilih harus disesuaikan dengan usia anak ya, Mommies.

Menguasai public speaking memang bukan hal mudah. Perlu penanaman nilai dan disiplin latihan untuk mengembangkannya. Orang tua bisa mengajarkan public speaking pada anak dengan mencoba cara-cara di atas, ya!

Dan tetap berikan dukungan kepada anak-anak agar dapat terus berlatih dan mengembangkan keahlian berbicara mereka di depan umum.

Because we know, Practice makes perfect !

Sumber :
7 Cara Mengajarkan Public Speaking Pada Anak - Mommies Daily

No Comments

Tinggalkan Komentar