Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Di Masa Pandemi COVID-19

Friday, 25 February 2022 Oleh : admin
Penulis : Tiara Welly Wijaya
(Guru TK YBIS)
   

Di masa pandemi anak-anak lebih banyak diam di rumah dan biasanya mereka lebih anteng dengan gadget mereka. Anak juga cenderung malas bergerak, sehingga kemungkinan terpapar berbagai penyakit sangat besar, baik penyakit fisik maupun penyakit mental.

Sebagai orang tua sebaiknya kita perlu sedikit waspada dan harus lebih memperhatikan kesehatan anak. Mulai dari kesehatan fisik, kesehatan mental, pola makan, hingga kebersihannya. Selain itu, pastikan Anda juga mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan anak selama pandemi.

Pastikan Anak Menerapkan Protokol Kesehatan

Menerapkan protokol kesehatan adalah kewajiban setiap individu, begitu juga dengan anak-anak. Namun, untuk anak-anak biasanya orang tua harus mengajarinya terlebih dahulu. Misalnya saja selalu mengunakan masker, atur jarak dengan teman atau orang lain, biasakanlah selalu cuci tangan.

Sejak pandemi hingga sekarang kegiatan anak-anak juga menggunakan masker. Guru pendamping pun tidak pernah lelah mengingatkan anak-anak untuk patuh prokes. Membagikan video anjuran 3M dan mengurangi mobilitas yang kurang perlu.

Rajin Mengecek Kesehatan

Selain menerapkan protokol kesehatan bagi anak, tips lainnya adalah rajin mengecek kondisi kesehatan anak. Caranya pastikan anak tetap rutin memeriksa kesehatan gigi, vaksin, dan lainnya. Nah, TK Yaa Bunayya Islamic School juga mendukung para orang tua dan keluarga anak dampingan untuk melakukan vaksinasi.

Pastikan Anak Tetap Aktif

 Meskipun pandemi memaksa anak di rumah saja, pastikan anak tetap aktif bergerak. Berolahraga tidak selalu harus keluar rumah, ada berbagai permainan yang bisa dimainkan anak di dalam rumah.  Dengan memainkan berbagai permainan fisik tersebut dapat meningkatkan kesehatan anak dan menghindari obesitas pada anak.

Untuk kegiatan anak-anak di TK Yaa Bunayya Islamic School, agar tetap aktif ada WhatsApp Group yaitu pendamping menyapa, sharing dan memberikan penugasan untuk anak-anak. 

Tetap Jaga Interaksi Sosial Anak

Terpaksa sendiri di rumah saja mau tak mau membuat anak jauh dari teman sejawat, dan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikis atau interaksi sosial anak. Agar perkembangan interaksi anak tetap normal sebaiknya anda tetap ajarkan anak berinteraksi dengan keluarga atau teman-temannya melalui layanan gadget Anda.

Dalam menjaga interaksi dengan anak-anak dan keluarga dampingan, Guru-guru di TK Yaa Bunayya Islamic School melakukan monitoring ke anak-anak dan keluarganya, mengupayakan selalu terhubung dengan anak-anak dan keluarganya.

Cek Kesehatan Mental Anak

Aktivitas di rumah saja terkadang membuat anak lebih bosan dengan aktivitas kesehariannya. Dan untuk menghilangkan rasa jenuh yang bisa mengakibatkan resiko stress pada anak. Maka sebaiknya cek kondisi mental anak. Caranya anda bisa bertanya kepada bagaimana suasana hatinya dan tidak ada salahnya jika sesekali anda sebagai orang tua mengajak mereka bermain bersama agar lebih menyenangkan.

Nah, salah satu dampak besar pandemi COVID-19 adalah bertambahnya jumlah anak yang menjadi yatim piatu. Anak-anak tersebut kehilangan orang tua yang meninggal akibat COVID-19, mereka kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tuanya.

Anak akan menjadi rentan terhadap trauma atas kehilangan yang mereka alami. Dalam kondisi pandemi, anak sangat membutuhkan pengasuhan terbaik oleh keluarga. Bagi anak yang kehilangan kedua orang tua, pengasuhan sebaiknya dialihkan kepada kerabat dan keluarga besar.

Jaga Kebersihan Anak dan Rumah

Hal yang juga sangat penting yaitu pastikan kebersihan anak selalu terjaga. Pastikan alat makan anak bersih, makanan dan minuman yang dikonsumsi selalu bersih, kamar, alat main dan lingkungan di dalam rumah juga bersih. Pasalnya dengan menjaga kebersihan resiko tertular penyakit lebih minim.

Pastikan Nutrisi Anak Tercukupi

Selain memastikan kondisi fisik dan mental anak yang sehat selama pandemi. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana asupan gizi anak. Pastikan anak mengkonsumsi gizi yang seimbang yang didalamnya mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan zat gizi lainnya. Berikan juga sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Jika diperlukan berikan juga susu bagi anak sebagai penunjang pertumbuhan anak.

Bahan makanan yang diberikan biasanya adalah telur, vitamin, snack dan susu, juga beras.

Tetap terapkan tips menjaga kesehatan anak di masa pandemi di atas agar anak tetap sehat baik fisik maupun mental. Mulai dari menerapkan kebiasaan protokol kesehatan hingga menjaga kebersihan anak. Dan yang paling penting berikan pemahaman mengenai virus corona agar anak lebih mudah paham. Jalin juga komunikasi dua arah pada anak terkait virus corona agar mereka lebih mudah memahami dan bisa dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Salam sehat selalu.

Sumber :
https://harumfamilycenter.com/en/news-blog/69-tips-menjaga-kesehatan-anak-di-masa-pandemi-covid-19

No Comments

Tinggalkan Komentar