Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan dan Prestasi Anak

Tuesday, 6 June 2023 Oleh : admin

Penulis : Salsabillah, S.Pd.
(Guru SD YBIS)

Alhamdulillah, wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’in.

Orang tua memegang peranan penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi anak. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam lingkungan keluarga, orang tua perlu sadar bahwa anak memiliki potensi besar saat dilahirkan. Tanpa dorongan dan motivasi orang tua, maka perkembangan prestasi belajar sang anak akan mengalami hambatan. Pada umumnya para orang tua kurang memahami betapa pentingnya peranan mereka dalam hal ini. Bila semakin sedikit perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak-anaknya maka semakin rendah pula prestasi yang akan dicapai sang anak di sekolah.

Orang tua mempunyai peran serta untuk ikut menentukan inisiatif, aktivitas di rumah untuk melengkapi program-program pendidikan di sekolah. Orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya, tidak peduli terhadap proses belajar anaknya, tidak memperhatikan kepentingan dan kebutuhan anaknya dalam belajar, tidak mengatur waktu belajar, tidak mau tahu bagaimana kemajuan dan perkembangan anaknya, kesulitan-kesulitan yang dialami anaknya dalam belajar dan lain-lain dapat menyebabkan anak kurang atau bahkan tidak berhasil dalam perkembangan dan prestasi belajarnya.

Salah satu peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan dan prestasi anak adalah dengan memberikan perhatian, terutama perhatian terhadap kegiatan belajar mereka di rumah. Perhatian orang tua memiliki psikologis yang besar terhadap perkembangan dan kegiatan belajar anak. Dengan adanya perhatian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju dan berkembang, akan tetapi orang tuanya pun demikian.

Totalitas sikap orang tua dalam memperhatikan segala aktivitas anak selama menjalani rutinitasnya di sekolah sangat diperlukan agar si anak mudah mentransfer ilmu selama menjalani proses belajar, disamping itu juga ia dapat berkembang dan mencapai prestasi belajar yang maksimal. Perhatian orang tua dalam bentuk lain berupa pemberian bimbingan dan nasihat, pengawasan saat belajar, pemberian motivasi dan penghargaan, serta pemenuhan fasilitas belajar.

Pemberian bimbingan dan nasihat menjadikan anak memiliki idealisme, pemberian pengawasan terhadap belajarnya adalah untuk melatih anak memiliki kedisiplinan, pemberian motivasi dan penghargaan agar anak terdorong untuk belajar, berkembang dan berprestasi, sedangkan memenuhi fasilitas yang dibutuhkan dalam belajar agar anak semakin teguh pendiriannya pada tujuan yang ingin dicapai dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Dengan peran orang tua tersebut maka perkembangan dan peningkatan prestasi belajar anak di sekolah dapat terus meningkat, seiring dengan bertambahnya usia dan daya nalar anak. Pemberian tugas kepada anak dapat melatih mereka untuk dapat bertanggung jawab terhadap diri mereka dan orang lain. Kurangnya peran orang tua dapat menjadikan anak sebagai jiwa atau pribadi yang merasa diabaikan, merasa tidak berguna dan bahkan cenderung untuk menyalahkan orang lain dalam tindakannya di masyarakat. Mereka yang kurang mendapat dukungan dari orang tua menganggap orang tua mereka tidak peduli terhadap mereka dan cenderung memberi jarak antara mereka dengan orang tua mereka.

Barakallahu Fiikum

No Comments

Tinggalkan Komentar