Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Pengaruh Udara yang Tidak Sehat Terhadap Keberlangsungan Pendidikan di Sekolah

Thursday, 7 September 2023 Oleh : admin

Penulis : Ari Saputra, S.Sos., M.Pd
(Kepala SD YBIS)

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2015:1045), ― pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. Udara adalah  campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak berbau (seperti oksigen dan nitrogen) yang memenuhi ruang di atas bumi seperti yang kita hirup apabila kita bernapas.

Dari dua pengertian di atas, pengaruh udara sangatlah penting dalam keberlangsungan hidup manusia dan dalam semua aktifitas manusia, termasuk di dalamnya adalah aktifitas pendidikan. seperti yang saat ini sedang kita alami khususnya di kota kita palembang, di lansir dari data BMKG kota palembang saat ini udara di kota palembang kualitasnya sangat tidak sehat (zona merah), dan pemerintah mulai menghimbau untuk tidak banyak beraktifitas diluar ruangan.

Tentunya dalam kasus seperti ini jelas sangat memberikan dampak yang sangat tidak baik pula di dalam proses keberlangsungan pendidikan anak di lingkungan sekolah.

Seperti yang saat ini kita ketahui sudah hampir 100% sekolah-sekolah yang ada di kota palembang mulai menerapkan peraturan-peraturan,  semua peserta didiknya wajib menggunakan masker di lingkungn sekolah dan membatasi kegiatan peserta didik di luar kelas. semua peraturan yang diterapkan oleh sekolah itu dilakukan demi menjaga kesehatan semua peserta didiknya.

Melihat dari kasus diatas sangatlah jelas bahwa dampak udara yang tidak sehat sangat berpengaruh besar dalam keberlangsungan pendidikan di sekolah, jika saya amati dan telitih maka ada beberapa dampak buruk yang terjadi jika udara tidak sehat di dalam keberlangsungan pendidikan disekolah diataranya:

  1. Menyebabkan peserta didik terlambat menuju kesekolah karena jalanan tertutup kabut asap
  2. Adanya peserta didik yang tidak bisa masuk kesekolah karena sakit dan batuk-batuk yang akhirnya menyebabkan ketertinggalan pelajaran di sekolah
  3. Tidak adanya kegiatan peserta didik di luar rungan
  4. Membuat peserta didik jadi bosan di sekolah karena jam istirahat di luar ruangan ditiadakan
  5. Adanya peserta didik yang mengalami sesak nafas karena menghirup udara yang tidak sehat
  6. Peserta didik jadi harus kembali menggunakan masker sehingga membuat peserta didik jadi tidak nyaman ketika membaca dan berinteraksi dengan teman-temannya

Dari beberapa dampak diatas dapat kita tela’ah dengan baik bahwa udara yang tidak sehat sangtalah jelas akan membawa dampak buruk dalam dunia pendidikan di negara kita indonesia ini khususnya di kota Palembang.

Namun jika kita hanya berdiam diri dan menerima begitu saja tanpa kita mencari solusinya maka kita tidak akan bisa menjalankan aktiftas terutama proses keberlangsungan pendidikan di sekolah kita semuanya. Disini kami penulis memberikan solusinya bagi sekolah-sekolah yang tega terena dampak udara yang tidak sehat.

Beragumenkan data dari penelitian kami dan pengamatan kami di sekolah kami dan terhadap keberlangsungan pendidikan disekolah kami maka saya penulis akan memberikan beberapa solusi bagi sekolah agar proses keberlangsungan pendidikan di sekolah tetap belajalan dengan baik dan maksimal diantaranya adalah:

  1. Hendaknya kita berdoa kepada Allah agar segera berikan udara yang sehat
  2. Sebaiknya sekolah melakukan penyiraman air di halaman sekolah di setiap jamnya untuk mengurangi debu yang nantinya akan bercampur dengan asap
  3. Sekolah memfasilitasi AC di dalam kelasnya agar bisa menyejukan peserta didik yang akan membuat mereka nyaman berada di dalam kelas sehingga peserta didik tidak peru menggunakan masker ketika jam pelajaran
  4. Sekolah memfasilitasi penyaring udarah untuk memfilter udarah yang berada di dalam ruangan kelas
  5. Sekolah memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menarik untuk di kerjakan peserta didik di jam istirahat di dalam kelas
  6. Memasang alat untuk tutup otomatis pintu kelas agar pintukelas tetap dalam keadaan tertutup.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca yang saat ini tengah menikmati bacaan nya dan semoga allah berikan kemudahan dalam setiap aktifitasnya dan juga semoga allah segera menurunkan hujan untuk menyirami bumi tidak sehat seperti sekarang ini.

 

No Comments

Tinggalkan Komentar