Info
Monday, 15 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Panduan Manajemen Keuangan Keluarga Islami

Tuesday, 30 May 2023 Oleh : admin

Oleh : M. Donny Agusta, SE, MM
(Owner YBIS)

Bismillah
Alhamdulillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Pengelolaan keuangan keluarga yang baik merupakan hal yang penting untuk mencapai kestabilan finansial dalam jangka panjang. Dengan merencanakan dan mengatur keuangan keluarga dengan bijak, Ummi Aby dapat menghindari utang berlebihan, mencapai tujuan keuangan, dan menciptakan keamanan finansial bagi keluarga. Berikut adalah panduan praktis untuk membantu Ummi Aby mengelola keuangan keluarga dengan baik.

  1. Buat Anggaran Keuangan Keluarga

Langkah pertama dalam mengelola keuangan keluarga adalah membuat anggaran. Ketahui pendapatan bulanan dan keluarkan waktu untuk merencanakan pengeluaran. Catat semua penghasilan dan keluaran rutin, seperti gaji, tagihan bulanan, cicilan, makanan, transportasi, iuran sekolah anak dan lainnya. Selalu sisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan dan darurat.

  1. Prioritaskan Pengeluaran

Setelah membuat anggaran, prioritaskan pengeluaran keluarga. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Pastikan bahwa kebutuhan dasar seperti makanan, perumahan, utilitas, pendidikan, dan diperhatikan terlebih dahulu sebelum mengalokasikan dana untuk keinginan, hiburan dan investasi.

  1. Mengurangi Hutang

Jika ada hutang, prioritaskan untuk membayar hutang tersebut. Buat rencana pelunasan hutang yang jelas dan disiplin dalam melakukannya. Percepat pelunasan hutang dengan membayar lebih dari minimum yang diminta. Kalau hutang ada terkait riba (bunga), cari cara bagaimana untuk mengurangi bunga tersebut.

  1. Menabung di Bank Syariah

Selalu alokasikan sebagian pendapatan untuk menabung. Tetapi usahakan menabung di Bank Syariah dari bunga riba dan juga usahakan dengan Akad Wadiah, karena tidak ada biaya tabungan. Menabung sebagai pos darurat, dengan jumlah yang secukupnya untuk menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga sangat penting.

  1. Investasi di usaha yang halal

Ummi Aby bisa mencari peluang investasi, bisa dengan investasi ke usaha yang sudah jalan, usaha yang prospek, atau investasi ke platform investasi syariah yang menyediakan akad-akad sesuai syariat.

  1. Investasi juga ke Logam Mulia

Kita tahu, emas mempunyai kadar inflasi zero (nol), sehingga tips ini sangat bisa digunakan untuk investasi likuid jangka panjang. Tetapi usahakan tidak ada niat untuk spekulasi dengan mencari keuntungan dari jual beli LM. Tetapi niatkan untuk menjaga nilai mata uang dari inflasi.

  1. Komunikasi Terbuka

Mengelola keuangan keluarga dengan baik memerlukan komunikasi terbuka antara anggota keluarga. Diskusikan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang bersama-sama. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam pengambilan keputusan keuangan dan dorong mereka untuk berpartisipasi dalam penghematan dan pengeluaran yang bertanggung jawab.

  1. Pantau dan Evaluasi :

Periodekanlah keuangan keluarga dan evaluasi rencana anggaran Ummi Aby. Pantau pengeluaran, tabungan, dan investasi secara teratur. Jika ada ketidaksesuaian antara anggaran dan kenyataan, sesuaikan rencana keuangan Ummi Aby untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik.

  1. Pendidikan Keuangan :

Teruslah memperluas pengetahuan dan pemahaman Ummi Aby tentang keuangan pribadi dan investasi. Ikuti seminar, baca buku, dan gunakan sumber daya online yang tersedia untuk meningkatkan literasi keuangan keluarga. Semakin Ummi Aby memahami konsep keuangan, semakin baik Ummi Aby akan mengelola keuangan keluarga. Terakhir, manajemen keuangan keluarga dengan baik membutuhkan waktu, kesabaran, dan komitmen. Dengan mengikuti panduan ini dan menjaga disiplin keuangan, Ummi Aby dapat mencapai kestabilan finansial dan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk masa depan keluarga Ummi Aby. Ingatlah bahwa perencanaan keuangan adalah investasi dalam kehidupan yang lebih baik.

 

No Comments

Tinggalkan Komentar