Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Merancang Kamar Tidur Anak

Monday, 8 November 2021 Oleh : admin
Oleh : Adi Prayoga
   

Setelah seharian sekolah serta bermain, anak butuh tempat tersendiri untuk beristirahat, kamar tidur yang nyaman tentunya menjadi idaman tersendiri bagi anak-anak.

Kamar merupakan zona pribadi bagi seseorang. Untuk merancang kamar tidur orang dewasa mungkin lebih mudah tapi tidak untuk kamar tidur anak-anak. Kamar tidur untuk anak, haruslah didesain senyaman mungkin agar anak bisa nyenyak untuk beristirahat, untuk belajar, serta melakukan aktifitas yang bisa memunculkan kreatifitas anak, desain kamar tidak harus penuh dengan kemewahan namun bisa disesuaikan dengan karakter serta kepribadian anak atau sesuai dengan minat dan kegemaran mereka.

Misalnya memberikan dekorasi-dekorasi yang penuh keceriaan, beberapa gambar lukisan mural di dinding yang playful, furniture yang berkarakter dan yang tak kalah penting tentunya harus didukung dengan pencahayaan yang optimal serta sirkulasi udara yang baik.

Menata desain kamar tidur anak membutuhkan banyak pertimbangan dan harus memiliki solusi tepat untuk melengkapi semua kebutuhan si anak. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri dalam merancang desain kamar tidur anak. Karena berbeda dibandingkan dengan kamar tidur orang dewasa.

Berikut adalah beberapa contoh atau referensi yang bisa dijadikan oleh para orang tua dalam menata kamar tidur anak dirumah,

1. Kamar tidur anak untuk membangkitkan daya imajinasi

Foto : Ikea

Gunakan warna putih yang netral sebagai warna utama di kamar. Bantu anak mengembangkan daya imajinasinya dan biarkan mengalir bebas tanpa batas.

2. Kamar tidur anak yang ceria penuh warna

Foto : Ikea

Penggunaan warna berperan sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Warna dapat memberi stimulasi untuk berimajinasi dan berkreasi, sekaligus dapat mempengaruhi mood anak. Ciptakan ruangan penuh warna yang segar untuk berkreativitas dan bermain. Dengan menggunakan kombinasi warna cerah, suasana kamar tidur anak akan terasa ceria dan menyenangkan.

3. Kamar tidur anak dengan sentuhan seni

Foto : Ikea

Dengan menggunakan cat dinding berwarna netral, coba berkreasilah dengan membuat DIY (Do-It-Yourself) project. Anda dapat menambahkan pola-pola sederhana atau bahkan membuat sebuah mural dengan motif besar yang sekaligus dapat menjadi aksentuasi unik dan tidak biasa untuk kamar anak.

4. Kamar tidur anak untuk tumbuh besar bersama

Foto : Ikea

Berbagi kamar tidur untuk anak kembar dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Cara terbaik adalah dengan membagi ruangan menjadi dua bagian yang sama besar dan isi dengan perabot yang berjenis dan berwarna sama. Gunakan tirai dan karpet yang senada dengan pilihan wallpaper agar kamar tidur anak Anda tampak selaras. Untuk tampilan yang lebih unik, Anda bisa menggunakan perlengkapan tidur dengan motif dan warna yang berbeda untuk tiap anak. Dengan berbagi kamar tidur bersama, kedua anak Anda tumbuh besar bersama.

5. Kamar tidur anak dengan ranjang tingkat yang multifungsi

Foto : Ikea

Menggunakan tempat tidur tingkat adalah sebuah solusi yang tepat bagi yang memiliki ruangan sempit. Dengan menggunakan perabot yang multifungsi, seperti tempat tidur tingkat memiliki lemari built-in, dapat membantu untuk menambah ruang untuk penyimpanan. Keuntungan lain dengan memiliki tempat tidur tingkat yang compact dan multifungsi adalah dapat sekaligus dijadikan sebagai meja belajar.

Dan berikut adalah beberapa contoh area kamar tidur anak yang sebaiknya bisa dimiliki untuk mengembangkan dan melatih kreatifitas anak,

1. Area untuk memajang koleksi mainan

Foto : Ikea

Aturlah penyimpanan di bagian dinding dengan menambahkan beberapa rak dengan gaya unik untuk memajang berbagai koleksi mainan anak sekaligus dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi ruangan. Jadikan area bermain di kamar anak sebagai sarana edukasi yang penuh keseruan.

2. Area untuk menggambar di dinding dan penyimpanan koleksi mainan

Foto : Ikea

Ciptakan sebuah area bermain yang kreatif di kamar anak untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan cat dinding berwarna hitam. Anak dapat menggambar dengan kapur dan mengembangkan daya imajinasinya.

3. Area untuk membuat prakarya dan memajang karya seni

Foto : Ikea

Segala perlengkapan art & craft dapat disimpan di unit penyimpanan yang terletak di dekat meja untuk memudahkan mengambil dan menyimpan kembali. Buat dinding karya seni yang berisi koleksi dari hasil prakarya yang si kecil kreasikan. Ada yang diberi bingkai ataupun hanya sekadar di tempel di dinding.

4. Area untuk belajar dan menggambar

Kamar tidur si kecil tak hanya berfungsi untuk beristirahat, namun juga untuk belajar dan melakukan berbagai aktivitas favoritnya, seperti melukis. Ciptakan sebuah kamar yang nyaman dimana anak dapat menghidupkan kreativitas dan menggembangkan daya imajinasinya yang hebat. 

5. Area untuk bersantai

Foto : Ikea

Ciptakan sudut untuk bersantai di kamar anak. Coba kreasikan sebuah area duduk multifungsi yang efisien dengan memfungsikan unit penyimpanan dan menambahkan dudukan serta bantal-bantal di bagian atasnya agar terasa empuk dan nyaman. Lengkapi bagian dindingnya dengan rak penyimpanan dan lampu untuk memudahkan aktivitas anak.

Sumber :
https://www.ikea.co.id/in/inspirasi/ide-dekorasi-kamar-tidur-anak

https://www.casaindonesia.com/article/read/5/2020/3025/Bikin-Betah-Yuk-Simak-10-Tips-Desain-Kamar-Tidur-Anak

https://www.archify.com/id/archifynow/10-desain-kamar-tidur-anak-dengan-tampilan-ceria-dan-menggemaskan

No Comments

Tinggalkan Komentar