Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Menumbuhkan Cinta pada Al-Qur’an : Strategi Efektif dalam Mendidik Anak Berbasis Islam

Saturday, 20 January 2024 Oleh : admin

Penulis : Atika Rahayu S.Tr.T.
(Guru SD YBIS)

Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk hidup bagi umat Islam. Membangun cinta dan hubungan yang kokoh antara anak-anak dengan Al-Qur’an adalah investasi berharga dalam membentuk karakter dan spiritualitas mereka. Membimbing anak untuk mencintai Al-Qur’an bukan hanya tentang mengajarkan mereka membaca, tetapi juga merasakan keindahan dan kebijaksanaan yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa strategi efektif dalam mendidik anak berbasis Islam dan menumbuhkan cinta pada Al-Qur’an :

  1. Contoh Teladan Orangtua

Orangtua sebagai model utama bagi anak-anak. Menunjukkan kecintaan dan keterlibatan pribadi orangtua dalam memahami dan menjalankan ajaran Al-Qur’an menciptakan inspirasi.

  1. Pembacaan Al-Qur’an Bersama

Membuat kegiatan membaca Al-Qur’an menjadi rutinitas bersama keluarga. Melibatkan anak-anak dalam membacanya, baik dengan membacakan atau mendengarkan, dapat mempererat ikatan mereka dengan kitab suci.

  1. Kisah-kisah Al-Qur’an untuk Anak-anak

Menghadirkan kisah-kisah yang menarik dari Al-Qur’an dengan bahasa yang sesuai dengan pemahaman anak-anak. Ini membantu mereka untuk meresapi nilai-nilai dan pelajaran dari setiap kisah.

  1. Pendidikan Formal Al-Qur’an

Mengikutsertakan anak-anak dalam pendidikan formal Al-Qur’an, seperti mengaji dan memahami tajwid. Pendidikan semacam ini membangun keterampilan membaca dan pemahaman yang lebih mendalam.

  1. Memotivasi dengan Hadiah dan Penghargaan

Membangun motivasi dengan memberikan penghargaan dan pujian ketika anak-anak mencapai tonggak penting dalam memahami dan menghafal Al-Qur’an.

  1. Program Hafalan dan Tadarus Keluarga

Membentuk program hafalan dan tadarus keluarga yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Ini menciptakan atmosfer positif dan memberikan dukungan kolektif.

  1. Diskusi dan Pemahaman

Mendiskusikan ayat-ayat atau surah tertentu bersama anak-anak. Memberikan pemahaman mendalam tentang makna dan relevansi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pemanfaatan Teknologi Islami

Menggunakan aplikasi dan sumber daya digital Islami yang interaktif untuk membantu anak-anak belajar Al-Qur’an dengan cara yang menarik.

Dengan menerapkan strategi ini secara konsisten, orangtua dapat menciptakan lingkungan yang memotivasi dan mendukung anak-anak dalam menumbuhkan cinta mendalam pada Al-Qur’an. Mengenalkan mereka pada pesona dan kebijaksanaan yang terkandung dalam kitab suci ini akan membimbing mereka menuju kehidupan yang penuh makna dan bertanggung jawab.

No Comments

Tinggalkan Komentar