Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Menanamkan Kebiasaan Berkata yang Baik

Monday, 1 July 2024 Oleh : admin

Penulis : Bintang Maharani, S.Si
( Kadiv SDM YBIS)

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam :

الكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقةٌ

“Berkata yang baik itu adalah sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melatih anak untuk berkata yang baik adalah salah satu hal yang penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak. Menanamkan kebiasaan berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan sejak usia dini akan membantu anak menjadi individu yang komunikatif dan menghormati orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih anak agar bisa berkata yang baik:

1. Contoh yang baik: Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk menjadi contoh yang baik dalam berbicara. Anak-anak sering meniru apa yang mereka lihat dari orang dewasa di sekitar mereka. Jadi, pastikan Anda menggunakan kata-kata yang sopan dan menghormati saat berbicara dengan anak.

2. Ajarkan kata-kata sopan: Ajarkan anak tentang kata-kata sopan seperti “tolong”, “terima kasih”, “permisi”, dan sebagainya. Jelaskan kepada mereka arti dari kata-kata itu dan cara menggunakannya dalam situasi yang tepat.

3. Hindari kata-kata kasar: Anak harus diajarkan untuk menghindari kata-kata kasar dan menghina. Jelaskan kepada mereka bahwa kata-kata seperti itu dapat menyakiti perasaan orang lain. Beri tahu mereka bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengungkapkan emosi atau ketidaksetujuan mereka tanpa menggunakan kata-kata kasar.

4. Latih penggunaan kalimat yang baik: Selain mengajarkan anak untuk menggunakan kata-kata sopan, ajarkan mereka juga untuk mengungkapkan diri dengan kalimat yang jelas dan berubah. Dorong mereka untuk berbicara dengan tenang dan tidak berteriak saat mereka sedang marah atau frustrasi.

5. Beri apresiasi dan pujian: Setiap kali anak menggunakan kata-kata yang baik, berikan apresiasi dan pujian. Hal ini akan memperkuat perilaku positif dan mendorong mereka untuk terus melakukannya.

6. Beri penjelasan tentang efek kata-kata: Ajarkan anak tentang bagaimana kata-kata mereka dapat mempengaruhi perasaan dan suasana hati orang lain. Berikan contoh tentang bagaimana kata-kata yang baik dapat membuat orang merasa senang, sementara kata-kata yang kasar bisa menyakiti perasaan mereka.

7. Latih dalam situasi sehari-hari: Gunakan situasi sehari-hari untuk melatih anak dalam menggunakan kata-kata yang baik. Misalnya, ajak mereka untuk mengucapkan “terima kasih” saat mendapatkan sesuatu atau “maaf” saat mereka melakukan kesalahan.

Dalam melatih anak untuk berkata yang baik, konsistensi dan kesabaran sangat diperlukan. Ingatlah bahwa setiap anak berkembang dengan ritme yang berbeda, jadi berikan dukungan dan perhatian yang diperlukan agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Sumber https://rumaysho.com/21812-hadits-arbain-26-tiap-hari-mesti-bersedekah.html

No Comments

Tinggalkan Komentar