Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Membangun Pondasi Kuat Ikatan Antara Kakak dan Adik

Monday, 27 May 2024 Oleh : admin

Ditulis kembali oleh : Sri Wahyuni, BRMI
(Guru TK YBIS Sako)

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.

Membangun ikatan saudara antara kakak-adik yang kuat dan tak terpecahkan harus dilakukan sejak dini. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mewujudkan ikatan kakak-adik yang kuat dan harmonis.

  1. Buat mereka dekat sejak awal

Ketika seorang anggota keluarga baru lahir, salah satu hal yang harus dilakukan orang tua adalah mendekatkannya dengan saudara kandungnya. Kita hanya perlu membiarkan kakak menyambut adiknya dengan ciuman dan pelukan hangat.

Biarkan mereka berada di sekitarnya, melihat bagaimana perkembangan mereka setiap harinya. Dengan demikian, mereka akan menjadi lebih dekat sejak dini dan memiliki ikatan yang kuat untuk tumbuh bersama.

  1. Perlakukan mereka dengan sama

Anak pertama, kedua, ketiga dan seterusnya memiliki hak yang sama dalam sebuah keluarga. Mereka berhak mendapatkan kasih sayang dan perlakuan yang sama rata. Jangan pernah membedakan mereka. Anak-anak yang merasa diperlakukan berbeda akan memiliki rasa cemburu dan itu sama sekali tidak baik untuk ikatan persaudaraan mereka. Namun jika mereka diperlakukan sama, maka mereka akan lebih mudah dekat satu sama lain

  1. Jangan membandingkan mereka satu sama lain

Hal yang fatal yang sering kali dilakukan orang tua adalah membandingkan anak-anak mereka. Seperti membandingkan kemampuan yang mereka miliki atau hal yang lainnya. Jangan pernah memuji salah satu dari mereka dan menekan yang lainnya. Percaya atau tidak, anak-anak yang selalu dibanding-bandingkan akan cenderung tidak bisa memiliki ikatan yang kuat satu sama lain. Untuk itu, jangan menekan mereka untuk menjadi lebih baik dari saudara kandungnya sendiri.

  1. Tanamkan pada mereka sikap peduli dan saling melindungi.

Mengajarkan tentang pentingnya persaudaraan pada anak-anak adalah hal yang harus dilakukan sejak dini. Tanamkan pada mereka sikap peduli dan saling melindungi. Bukan hanya pada anak yang lebih tua, tapi juga pada anak yang paling muda.Sejatinya, anak-anak yang terbiasa peduli dan saling melindungi sejak usia dini akan terus menerapkannya hingga dewasa. Dengan begitu, mereka akan terus menjadi pribadi yang selalu mementingkan persaudaraan sampai kapan pun.

  1. Berikan mereka banyak waktu bersama

Anak-anak akan menjadi dekat ketika mereka selalu bersama. Berikan mereka banyak waktu untuk bermain bersama, belajar bersama bahkan tidur bersama. Tempatkan mereka dalam satu kamar, agar tidak ada jarak di antara mereka.Ketika anak-anak terbiasa bersama, mereka akan memiliki ikatan persaudaraan yang kuat dan sulit untuk berjauhan satu sama lain. Hal tersebut akan terbawa sampai mereka dewasa dan tentu saja menciptakan hubungan keluarga yang harmonis.

Itulah  langkah untuk membangun ikatan yang kuat di antara kakak dan adik. Sebuah kebahagiaan tak terhingga bagi orang tua ketika anak-anak mereka memiliki hubungan kuat, saling peduli dan saling melindungi satu sama lain.

Sumber : https://www.idntimes.com/life/family/iyana-vhie/kakak-dan-adik-c1c2.

 

No Comments

Tinggalkan Komentar