Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Memahami Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (2)

Monday, 27 February 2023 Oleh : admin

Penulis : Irma Octavianty, S.Pd.
(Kepala TK YBIS)

Apa kabar Ayah bunda semuanya? Alhamdulillah kali ini kita akan membahas lanjutan dari bagaimana “Memahami Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagian 2”

Di ulasan artikel kita yang lalu, membahas tentang apa itu PAUD, apa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dan apa saja yang dipelajari dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nah untuk pembahasan kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Berikut adalah beberapa fungsi PAUD yang harus orangtua pahami:

  • Fungsi Sosialisasi

PAUD membantu anak bersosialisasi dengan baik. Pendidikan yang diberikan membuat anak lebih banyak berinteraksi dengan guru atau teman-temannya sehingga meningkatkan keterampilan bersosialisasinya dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru

  • Fungsi Bermain

Orangtua harus memahami bahwa anak-anak senang bermain. Selama pembelajaran di PAUD, mereka akan belajar sambil bermain. Hal ini memungkinkan anak dapat mengeksplorasi untuk mendapatkan pengetahuan.

  • Fungsi Adaptasi

PAUD memiliki fungsi adaptasi bagi anak. Melalui pendidikan anak usia dini, si kecil belajar untuk beradaptasi di lingkungan sekolah ataupun rumah. Dengan begitu, mereka tidak merasa takut untuk bertemu dan bergaul dengan anak-anak lain.

  • Fungsi Pengembangan

Konsep pendidikan anak usia dini membantu si kecil agar mengetahui potensi yang dimilikinya. Berbagai rangkaian kegiatan di PAUD mampu menumbuhkan atau mengasah potensi anak agar berkembang dengan baik.

 

Perbedaan PAUD Formal dan Nonformal

 

Perlu Ayah bunda ketahui bahwa terdapat PAUD formal dan nonformal. Perbedaan PAUD formal dan nonformal dapat dilihat dari beberapa aspek yang bisa Ayah bunda ketahui.

PAUD formal adalah pendidikan anak usia dini yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga pendidikan formal.

Bentuknya dapat berupa Taman Kanak-Kanak (TK) atau Raudhotul Anfal (RA). Pembelajarannya pun dibuat dan disampaikan oleh guru lulusan PAUD atau sejenisnya.

 

Sementara itu, PAUD nonformal merupakan pendidikan usia dini yang dilaksanakan oleh lembaga bersifat nonformal, seperti playgroup, tempat penitipan anak, dan lainnya.

Umumnya, pendidikan ini ditempuh sebelum anak menjalani pendidikan formal. Misalnya, setelah anak belajar di playgroup, selanjutnya mereka masuk TK.

 

Siapa saja yang harus terlibat dalam pendidikan anak usia dini?

 

Salah satu hal yang paling sering dilewatkan oleh orangtua dalam memahami pentingnya pendidikan usia dini adalah pelibatan pihak mana saja dalam pembentukan pondasi dasar karakter anak.

Memilih institusi PAUD dengan kurikulum yang bagus saja tidak cukup karena peran orangtua dan guru juga sama pentingnya.

Institusi PAUD dituntut menerapkan sistem belajar yang mengombinasikan ilmu pengetahuan, teknologi, praktik, literasi dan STEAM.

Sementara itu, guru harus mampu mengambil hati anak agar mereka dapat menyerap ilmu yang diberikan.

Di sisi lain, orangtua juga harus menaruh perhatian pada hal-hal yang sedang dipelajari anak dan memantau perkembangannya.

Ketika ketiga hal ini sudah berjalan dengan baik, maka semakin besar kemungkinan anak akan menjadi orang yang berhasil di masa mendatang. InsyaaAllah

Semoga apa yang disampaikan bermanfaat buat Ayah bunda dan kita semua

 

No Comments

Tinggalkan Komentar