Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Memahami Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (1)

Thursday, 26 January 2023 Oleh : admin
Penulis : Irma Octavianty, S.Pd.
(Kepala TK YBIS)

 

Apa itu PAUD?

Secara umum PAUD adalah jenjang pendidikan yang ditempuh sebelum anak masuk ke sekolah dasar.

Pentingnya pendidikan anak usia dini menjadi pondasi bagi si kecil agar lebih siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi di masa mendatang.

Sebagai orangtua, sangat penting untuk mengetahui pentingnya pendidikan anak usia dini. Pasalnya, pendidikan usia dini menjadi pondasi bagi si kecil dalam membangun kemampuan dasar yang diperlukan dalam pendidikannya di masa mendatang.

Seluruh aktivitas PAUD dilakukan melalui kegiatan belajar sambil bermain sehingga menyenangkan untuk anak. Anak yang mendapatkan pendidikan di PAUD sering kali memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik saat sekolah karena mereka terbiasa belajar, bermain, hingga makan bersama teman seusianya. Orangtua harus memilih PAUD yang tepat untuk anak. Para pengajar di PAUD juga harus memiliki kasih sayang kepada anak-anak.

 

Apa pentingnya pendidikan anak usia dini

  •  Meningkatkan kesejahteraan fisik maupun mental anak

Kegiatan bermain sambil belajar di PAUD dapat meningkatkan kesejahteraan fisik maupun mental anak. Sebab, si kecil melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan prestasi belajar, membentuk karakter yang pantang menyerah, lebih mandiri, dan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

  • Mengembangkan kapasitas dan efektivitas otak anak

Mengingat usia PAUD merupakan periode emas dengan perkembangan otak anak mencapai 80 persen, rangsangan pendidikan melalui berbagai kegiatan akan membuat perkembangan otaknya semakin optimal.

  • Mempersiapkan anak untuk jenjang Pendidikan selanjutnya

Pendidikan usia dini dapat menjadi bekal bagi anak agar lebih siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.Anak yang terbiasa belajar sejak kecil akan lebih cepat dalam menerima informasi baru sehingga mudah beradaptasi.

  • Mendorong perkembangan emosional dan intelektual anak

Pendidikan anak usia dini dapat membantu mendorong perkembangan emosional dan intelektual si kecil. Sebab, anak diajarkan untuk lebih sabar, mandiri, dan bergaul dengan orang lain.

  • Membentuk kepribadian positif anak

Pendidikan karakter anak usia dini dapat membentuk kepribadian positif pada anak agar sukses di masa mendatang.

 

Apa saja yang dipelajari dalam pendidikan anak usia dini?

Pendidikan anak usia dini adalah sistem pengajaran yang berfokus pada perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak. Institusi PAUD juga harus menetapkan kurikulum yang dapat menggali potensi pada masing-masing anak.

Selain itu, pelajaran PAUD harus diberikan dalam suasana yang menyenangkan untuk anak. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan anak saat belajar di PAUD adalah:

  • Kegiatan artistik dan keterampilan, seperti menggambar, melukis, membuat model, kegiatan yang dekat dengan keseharian seperti membersihkan rumah.
  • Bermain dengan mainan, permainan simbolik, permainan sensorik, bermain dengan pasir dan air, game konstruksi, dan lain-lain.
  • Kegiatan komunikasi dan kreatif, misalnya bercerita,
  • Kegiatan yang melatih kepekaan, seperti pengamatan, pembacaan dengan gambar, , pembicaraan, dan bereksperimen.
  • Kegiatan di luar ruangan, seperti jalan-jalan, bermain pasir, olahraga, dan lain-lain.

 

Pelajaran anak PAUD tidak boleh memberatkan. Meski ada anak yang menonjol dari sisi akademis di usia dini, institusi PAUD sebaiknya tidak menggeneralisir mereka dari pencapaian akademisnya. Pasalnya, sifat alamiah anak di usia ini memang masih lebih suka bermain. Sebaliknya, metode pembelajaran PAUD lebih menekankan pada kemajuan anak dalam aspek sosio-emosionalnya. Misalnya, guru PAUD mengajarkan anak agar mau berbagi makanan pada temannya yang tidak membawa bekal, atau membantu temannya yang sedang dalam kesusahan apa pun.

Guru juga dapat melatih disiplin anak lewat hal-hal yang kecil, misalnya merapikan sepatu sebelum masuk kelas, membereskan kursi setelah selesai belajar, dan lain-lain.

Sesekali, guru juga bisa memberi proyek sesuai potensi anak untuk melatih kemampuan problem solving dalam pembelajaran anak usia dini.

 

 

 

https://www.sehatq.com/artikel/apa-sih-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini

No Comments

Tinggalkan Komentar