Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) TK YBIS Sekip TA 2023/2024

Tuesday, 1 August 2023 Oleh : admin

Penulis : Nadya Rizma Harianda, S.Pd.
(Guru TK YBIS SEKIP)

Alhamdulillah, wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’in.

Tahun Ajaran baru telah tiba.  Sekolah-sekolah baik TK, SD, SMP dan jenjang SMA ramai mengadakan kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Alhamdulillah, Pada hari senin tanggal 10 Juli 2023 telah diadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di TK Islam Yaa Bunayya dan pada jum’at 28 Juli 2023 diadakan pelaksanaan penutupan MPLS di TK Islam Yaa Bunayya.

Pada tahun ajaran ini, TK Islam Yaa Bunayya Palembang melaksanakan kegiatan MPLS yang sangat seru. MPLS berlangsung selama tiga Pekan. Selama waktu ini diharapkan anaanda dapat beradaptasi di lingkungan sekolah baru yang kedepannya akan menjadi rumah belajar bagi ananda. Para pendidik di TK Islam Yaa Bunayya Palembang merancang kegiatan MPLS yang menarik, asyik, dan menyenangkan.

Sebelum memulai kegiatan MPLS, peserta didik akan dibariskan bersama Ummi lalu membaca do’a Bersama-sama. Dimulai dari membaca QS. al-fatihah, do’a kedua orang tua dan kebaikan dunia akhirat, do’a sebelum belajar dan do’a tambah llmu. Kegiatan ini dilakukan setiap hari sebelum memulai kegiatan sekolah.

Kegiatan MPLS pekan pertama antara lain; perkenalan dengan ummi (guru di sekolah), dan memperkenalkan diri (anak didik) dihadapan teman-teman baru. Mereka dapat berkenalan, membentuk persahabatan dan mengembangkan hubungan sosial yang positif.

Hari berikutnya anak-anak diajak mengenal lingkungan di sekitar sekolah. Mereka berjalan-jalan di lingkungan sekitar sekolah yang memberikan kesempatan kepada siswa baru untuk mengenal fisik sekolah, seperti Gedung sekolah, ruang kelas, toilet dan fasilitas lainnya. Kegiatan-kegiatan lain seperti toilet training, mengenal lingkungan di sekolahku juga dikemas dengan sangat menarik. Pada pekan pertama, anak-anak juga dikenalkan dengan kertas tulis, kertas koran, plastisin yang akan kita ubah kedalam bentuk geometri (Lingkaran, persegi dan segitiga) dan meronce bentuk geometri.

Pada pekan kedua, kegiatan MPLS berlangsung lebih seru lagi. Berbagai kreativitas dibuat oleh anak-anak pada pekan kedua ini. Seperti membuat bingkai nama (menjahit), menempel potongan daun kering ke kertas, mewarnai gambar dan mewarnai nama. Asyiknya berbagai kreativitas yang telah mereka buat bisa dibawa pulang. Pada pekan kedua, siswa juga dikenalkan “Shalat itu bagaimana?” mulai dari wudhu, gerakan shalat, bacaan shalat dan macam-macam shalat.

Pada pekan ketiga atau pekan terakhir, kegiatan MPLS berlangsung lebih seru dan menyenangkan. Berbagai kreativitas yang menarik dan edukatif dibuat untuk nantinya dapat anak-anak bawa pulang ke rumah. Gross Motor Skill dan Hand Stamp, yang dapat melatih motorik kasar dan motorik  halus, mengenalkan warna, dan mengembangkan kondisi mata dan tangan serta indra peraba.

Kegiatan MPLS ditutup dengan mengadakan perlombaan yakni Lomba memasukkan air ke dalam botol dan Lomba memasang kaos kaki dan sepatu sekaligus menutup kegiatan MPLS di TK Islam Yaa Bunyya Palembang. Semoga melalui kegiatan MPLS ini,  anak-anak semakin semangat sekolah dan dapat beradaptasi dengan lebih baik.

No Comments

Tinggalkan Komentar