Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Ketika Si Kecil Mengeluh Lapar Saat Berpuasa

Wednesday, 29 March 2023 Oleh : admin

Penulis : Dhella Anggesta Vanindya, S.Tr.Ak.
(Staf Administrasi SD YBIS)

Alhamdulillah, wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’in.

Menahan rasa lapar dan haus untuk waktu yang lama bisa menjadi tantangan bagi si kecil. Tak jarang, mengeluh menjadi satu-satunya cara yang dipilih untuk menunjukkannya. Mengeluh saat berpuasa sebenarnya adalah hal yang wajar pada si kecil. Pasalnya, mereka masih dalam proses belajar untuk berpuasa.

Saat memutuskan untuk mengajarkan dan mengajak si kecil puasa, orangtua diharuskan untuk selalu bijaksana menghadapinya. Artinya, hindarilah memarahi si kecil yang mengeluh karena harus menahan lapar dan haus. Bukannya mendidik, memarahi si kecil malah bisa membuat ia kehilangan kepercayaan diri dan malah enggan untuk berpuasa lagi.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi keluhan lapar si kecil saat berpuasa :

  1. Makan sahur

Selain keberkahan yang terdapat dalam makan sahur, si kecil juga harus mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup dalam makan sahurnya. Mengingat kondisi tubuh yang masih belum terbiasa berpuasa dan energi bermain yang masih belum mampu dikontrol si kecil, orangtua harus bisa mengatur porsi gizi yang sesuai untuk si kecil di saat makan sahurnya agar bisa menghasilkan energi yang cukup untuk si kecil.

  1. Tidur siang

Orangtua bisa mencoba untuk mengalihkan perhatian si kecil dari keinginan untuk makan dan minum tersebut. Misalnya, minta si kecil untuk tidur siang agar rasa lapar dan haus tidak terlalu terasa. Selain itu, tidur siang pun bermanfaat untuk menjaga tubuh si kecil tetap sehat dan bugar selama satu bulan berpuasa.

  1. Kegiatan yang menyenangkan

Orangtua juga bisa mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Hal itu bertujuan untuk mengalihkan keluhannya. Misalnya, ajak si kecil bermain atau bercerita, menonton film, atau berbelanja untuk persiapan berbuka puasa. Mama juga bisa melibatkan si kecil untuk menyiapkan menu untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Agar tidak bosan dan jenuh, mama juga bisa menjadwalkan kegiatannya di setiap harinya, misalnya hari ini untuk bercerita kisah-kisah nabi, besok menonton kisah inspiratif, lusa berbelanja, kemudian menyiapkan menu berbuka bersama, atau ada kegiatan yang sudah lama ingin dilakukan si kecil tapi belum sempat dilakukan.

  1. Menghadiri kajian

Hal lain yang bisa orang tua lakukan untuk menghadapi keluhan si kecil adalah dengan membuatnya bergabung dalam kelompok. Misalnya, ajak si kecil mengikuti pengajian, sehingga ia akan melihat teman sebayanya yang juga melakukan puasa. Alhasil, ia tidak akan merasa sendiri, tidak merasa terpaksa, dan akan lebih terpacu untuk tetap menjalani puasa seperti teman-temannya.

Dalam puasa, dari Rabi binti Mu’awwid radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

أَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم غَدَاةَ عَاشُورَاءَ إِلَى قُرَى الأَنْصَارِ الَّتِى حَوْلَ الْمَدِينَةِ : مَنْ كَانَ أَصْبَحَ صَائِمًا فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ ، وَمَنْ كَانَ أَصْبَحَ مُفْطِرًا فَلْيُتِمَّ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ) ، فَكُنَّا بَعْدَ ذَلِكَ نَصُومُهُ ، وَنُصَوِّمُ صِبْيَانَنَا الصِّغَارَ مِنْهُمْ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ، وَنَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ ، فَنَجْعَلُ لَهُمُ اللُّعْبَةَ مِنَ الْعِهْنِ ، فَإِذَا بَكَى أَحَدُهُمْ عَلَى الطَّعَامِ أَعْطَيْنَاهَا إِيَّاهُ عِنْدَ الإِفْطَارِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirim utusannya pada siang hari ‘Asyura (sepuluh Muharam) ke desa-desa kaum Anshar di sekitar Madinah untuk mengumumkan, ‘Barangsiapa telah berpuasa sejak pagi hari, hendaklah dia menyempurnakan puasanya. Barangsiapa yang pagi harinya tidak berpuasa, maka hendaknya puasa pada sisa harinya.’ Maka setelah itu kami berpuasa, dan kami membiasakan anak-anak kecil kami untuk berpuasa insya Allah. Kami pergi ke masjid, lalu kami buatkan untuk   mereka (anak-anak) mainan dari kapas yang berwarna. Kalau salah satu diantara mereka menangis karena (kelaparan). Kami berikan kepadanya (mainan tersebut) sampai berbuka puasa.” (HR. Bukhari, no. 1960 dan Muslim, no. 1136).

Sekian beberapa tips untuk menghadapi keluhan lapar si kecil saat berpuasa, semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk berpuasa dan megajarkan si kecil berpuasa. Barakallahu fiikum..

Sumber :  https://rumaysho.com/20163-tips-mengajak-si kecil-puasa-dan-bangun-shubuh.html
https://www.halodoc.com/artikel/menghadapi-anak-yang-mengeluh-di-hari-pertama-puasa

 

No Comments

Tinggalkan Komentar