Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Friday, 19 November 2021 Oleh : admin
Penulis : Irma Octavianty, S.Pd.
(Kepala TK YBIS)
   

Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Maka, kita sebagai orang tua bertanggung jawab terhadap amanah ini. Tak sedikit kesalahan dan kelalaian orang tua dalam mendidik anak.

Meskipun banyak orang tua yang mengetahui, bahwa mendidik anak merupakan tanggung jawab yang besar, tetapi masih banyak orang tua yang lalai dan menganggap remeh masalah ini. Sehingga mengabaikan masalah pendidikan anak ini, sedikitpun tidak menaruh perhatian terhadap perkembangan anak-anaknya. Baru kemudian, ketika anak-anak tidak sesuai dengan harapan orang tua banyak orang tua mulai kebakaran jenggot atau justru menyalahkan anaknya. Lalai atau salah dalam mendidik anak itu tanpa kita sadari adalah cerminan dan pola asuh kita dalam mendidik.

Beberapa Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

1. Jika Anak Selalu Mengganggu

Itu disebabkan karena orang tua terlalu sibuk dengan urusannya dan kurang memperhatikan anak, sehingga anak mencari cara agar mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

2. Jika Anak Suka Berbohong

Hal ini karena orang tua suka bersikap berlebihan kepada anak ketika anak melakukan kesalahan yang tidak sengaja, atau disengaja hanya karena ingin mencari perhatian, misalnya dengan memarahi anak secara berlebihan atau bahkan sampai melakukan kekerasan terhadap anak ( mencubit dan memukul ).

3. Jika Anak Takut dan Minder

Karena orang tua terlalu banyak menasehati anak dan kurangnya dorongan semangat dan motivasi kepada anak, dan suka membandingkan anak dengan anak yang lain.

4. Jika Orang Tua Sudah Memberi Segalanya dan Anak Masih Suka Mengambil Barang Orang Lain

Bisa jadi karena orang tua tidak pernah memberi pilihan atau tidak pernah membiarkan anak memilih sendiri sehingga anak  belum mendapatkan apa yang diinginkan.

5. Jika Anak Menjadi Pengecut

Itu karena orang tua selalu membantu dan membelanya setiap kali anak mendapatkan masalah, sehingga anak tidak bisa memecahkan masalahnya sendiri.

6. Jika Anak Mudah Iri

Karena orang tua selalu membandingkannya dengan orang lain

7. Jika Anak Mudah Marah

Karena orang tua jarang memuji anak.

8. Selalu Memenuhi Permintaan Anak

Sebagian orang tua ada yang selalu memberi setiap yang diinginkan anaknya, tanpa memikirkan baik buruknya bagi anak. Terutama anak yang masih kecil. Sering terjadi, anak kita yang masih kecil minta sesuatu. Jika kita menolaknya karena suatu alasan, ia akan memaksa atau mengeluarkan senjatanya, yaitu menangis. Akhirnya, orang tua akan segera memenuhi permintaannya karena kasihan atau agar anak segera berhenti menangis. Hal ini dapat menyebabkan sang anak menjadi lemah, cengeng dan tidak punya jati diri.

9. Terlalu Keras dan Kaku Dalam Menghadapi Mereka, Melebihi Batas Kewajaran.

Misalnya, dengan memarahinya dengan bentakan dan cacian, ataupun dengan cara-cara keras lain. Ini kadang terjadi, ketika sang anak sengaja berbuat salah. Padahal ia (mungkin) baru sekali melakukannya dan tidak sengaja.

Referensi :
https://almanhaj.or.id/3007-sepuluh-kesalahan-dalam-mendidik-anak.html

https://id.theasianparent.com/kesalahan-dalam-mendidik-anak

No Comments

Tinggalkan Komentar