Info
Thursday, 18 Jul 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

How Can I Speak English Fluently? (Part 1)

Thursday, 11 November 2021 Oleh : admin
Penulis : Nyiayu Nelly Windarti, S.Pd.
(Guru B. Inggris SD YBIS)
   

Bagaimana saya bisa berbicara Bahasa Inggris dengan fasih?

Banyak orang mengeluh ingin bisa menguasai Bahasa Inggris tapi sulit sekali, sudah pergi ke lembaga kursus yang mahal tapi masih juga seperti itu saja, tidak ada perubahan sama sekali. Sehingga muncul lah pertanyaan “Bagaimana saya bisa bicara Bahasa Inggris dengan fasih ?”

Sekarang kembali lagi ke diri kita, semuanya itu ada pada diri kita sendiri.

Saya akan membagikan beberapa tips dari pengalaman saya, yang mungkin dapat kalian tiru atau lakukan secara otodidak tanpa pergi ke kursus.

Saya akan bagi menjadi 2 bagian.

Bagian pertama saya akan membahas tentang “How to speak English” yaitu bagaimana berbicara Bahasa Inggris terlebih dahulu.

1. You need to “Speak Up!”

“We must talk everyday in English if we want to improve our speaking skill.”

Kita harus berbicara dalam Bahasa Inggris setiap hari jika kita ingin meningkatkan keahlian bebicara kita. Jadi jika kita ingin bisa berbicara maka praktekan, kamu harus latih keahlian bicara Bahasa Inggris mu sesering mungkin. Jika ingin meningkatkan keahlian mendengar , kita harus sering mendengar, maka jika ingin ahli dalam bicara, maka kita harus sering bicara. Cobalah cari partner (pasangan) yang se-frekuensi dengan mu dan terus konsisten untuk selalu berbicara dalam Bahasa Inggris. Jika kamu belum menemukan partner (pasangan), cobalah untuk berbicara sendiri dengan dirimu menggunakan Bahasa Inggris, di mulai dari beberapa kata hingga menjadi banyak kalimat . Mulai berbicara tentang hal di sekitar mu sendiri, seperti “i’m hungry, i need to eat” atau ” the weather is so hot, i feel thirsty” Dengan sering nya kita membiasakan berbicara Bahasa Inggris maka ucapan-ucapan Bahasa Inggris itu akan keluar dengan sendiri nya dari mulut kita, karena otak kita akan terus merekam.

Riset menunjukan adanya peningkatan kemampuan otak sebesar 30% bagi orang yang terbiasa latihan setidaknya 12 menit setiap hari. Kamu boleh mencoba setidaknya 15 -30 menit berbicara Bahasa Inggris dalam sehari. Berbicara sendiri tidak membuat mu aneh, sejarah menunjukkan bahwa para jenius seringkali melakukan monolog dengan diri mereka sendiri. Para pemikir seringkali mencari ide dan pemecahan masalah dengan bicara pada diri sendiri. Bahkan Albert Einstein suka ngomong sendiri, dia bahkan tak begitu suka bersosialisasi. Sebuah laporan dari Einstein.org mengungkap bahwa Einstein suka mengulang pemikirannya dengan pelan untuk dirinya sendiri. Bicara sendiri juga membuat otak bekerja lebih efektif.

Sebuah penelitian di Quarterly Journal of Experimental Psychology yang ditulis oleh psikolog Daniel Swigley dan Gary Lupya mengungkap bahwa berbicara sendiri membuat otak bekerja lebih efektif.

2. Learning Pronunciation

Belajar lah untuk melafalkan pengucapan Bahasa Inggris mu. Jika kamu tidak punya guru untuk mengajari mu, maka kamu bisa dengar langsung dari native speaker melalui media sosial seperti Youtube, Instagram, dan sebagainya, atau mendengarkan audio podcast yang menggunakan Bahasa Inggris, dan lebih cepat dan mudah lagi kamu bisa gunakan bantuan dari Google Translate, dengan mengklik tombol “speaker“, maka kamu akan mendengarkan Pronunciation dari setiap kata yang kamu ketik. Dan ingat setelah itu kamu harus mempraktikkannya sendiri.

3. Memorizing Phrase or Expression, Not a Word!

Mengulang-ngulang atau menghafal akan meningkatkan kinerja otak kita, sehingga kita akan dapat terus mengingat nya. Erick Johnson, 1985. Menegaskan Bahwa ada sel-sel urat saraf yang berkembang. Demikianlah, kita mendapati bahwa otak manusia mampu meningkat, dan bisa dibangun dengan sel-sel urat saraf yang baru. Artinya bahwa menghafal memiliki pengaruh yang besar untuk memperkaya sel-sel otak dan menambah ikatan di antara satu sel dengan sel yang lain. Namun disini saya akan memberikan tips untuk cepat bicara Bahasa Inggris dengan menghafalkan phrase (frasa) yaitu gabungan beberapa kata yang memiliki makna atau kamu bisa menghafalkan expression (ungkapan), bisa di mulai dengan daily expression yaitu ungkapan yang sering dikeluarkan atau perkataan yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan mencoba untuk menerjemahkan kata-per-kata di dalam pikiran, karena akan memakan waktu ketika menerjemahkan terlebih dahulu sebelum berbicara dan itu akan jadi sangat sulit dan stucked! (terjebak), karena ketika kamu terjebak dalam satu kata yang tidak kamu ketahui, di situ kamu akan mulai berhenti bicara, mulai tidak percaya diri,  dan berhenti melanjutkan. What about vocabulary? Ya, pastinya kita harus menghafal vocabulary yang tidak kita ketahui, kita juga tidak akan tahu apa yang akan kita bicarakan tanpa mengetahui arti dari setiap kata. Tapi tetap susunlah vocabulary tersebut menjadi sebuah frasa atau ungkapan yang akan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita akan mudah mengingat sebuah kalimat bukan kata-per-kata.

4. Be Confident !

Yang paling utama adalah siap kan mental mu. Kamu harus percaya diri! Jangan malu! Speak up! Don’t be afraid to make mistake!

Jangan takut berbuat salah! Beberapa orang takut berbicara Bahasa Inggris karena malu akan membuat kesalahan. Bukankah setiap kesuksesan selalu melalui kegagalan. Maka jika kamu tidak pernah gagal, kamu tidak akan pernah sukses. Tidak gagal berarti tidak pernah mencoba. Tidak pernah mencoba, maka kamu tidak akan pernah bisa.

Percayalah setiap orang akan mengalami kegagalan pada awal nya. Dan cobalah untuk terus mencari teman yang se-frekuensi dengan mu yang artinya kamu mendapatkan partner (pasangan) yang bisa di ajak ngobrol dalam Bahasa Inggris agar dapat terus meningkatkan keahlian berbicara Bahasa Inggris mu. Dan untuk menguasai Bahasa Inggris dengan cepat kamu tetap butuh guru yang dapat mengajari mu hingga kamu fasih dalam speaking (berbicara) dan juga menguasai semua skill (keahlian) Bahasa Inggris.

Well, itu saja yang saya dapat tulis di part 1 ini, sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Next, saya akan membahas tentang “How to respond to someone in conversation”. saya akan membahas tentang bagaimana merespon seseorang dalam percakapan di part 2.

Semoga Bermanfaat. Break a leg !

Sumber :
Kompasiana.com

Merdeka.com

Ef.co.id

Youtube of Oxford Online English

No Comments

Tinggalkan Komentar