Info
Saturday, 23 Sep 2023
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Cara Mengajarkan Anak Agar Cinta Alquran

Monday, 14 February 2022 Oleh : admin
Penulis : Mita Reswari
(Guru TK YBIS)
   

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang harus dibaca, dipelajari, dan dipahami untuk kebaikan dunia-akhirat. Alquran menjadi pedoman hidup manusia agar berada di jalan yang sesuai ajaran Allah. Agar selalu kembali pada Al-Qur’an, seseorang harus ada rasa cinta.

Maka dari itu, mengenalkan anak tentang Al-Qur’an sejak dini sangat penting sebelum sulit menyerapnya ketika beranjak dewasa. Namun, mengenal dan membaca Al-Qur’an harus menyenangkan¬†bagi anak agar tidak merasa tertekan.

Harus ada metode yang seru agar bisa memuaskan anak. Biarkan mereka merasa ini adalah waktu bermain yang bisa mencerdaskan anak-anak.

Berikut beberapa cara agar anak mencintai Al-Qur’an :

1. Mendengarkan Al-Qur’an sejak lahir agar telinga anak akrab

Cara mengajarkan anak agar cinta Al-Qur’an sejak dini yang pertama adalah mendengarkan Al-Qur’an pada saat anak masih bayi.

Setelah anak lahir, Mama bisa mencoba untuk memperdengarkan Al-Qur’an baik di rumah ataupun di mobil. Selain agar telinga anak akrab dengan pelafalannya, mendengarkan ayat suci Al-Qur’an dapat menenangkan dan membuat bayi tidur nyenyak.

2. Beri alasan kenapa kita harus cinta Al-Qur’an

Setelah anak berusia lebih besar, sangat baik untuk memiliki alasan kuat kenapa kita harus mengajarkan anak agar cinta Al-Qur’an sejak dini. Baik dengan cara membaca, memahami, maupun mengamalkannya.

Penting juga untuk memastikan anak-anak sadar akan manfaat membaca Al-Quran karena mereka akan lebih fokus dengan konten dan menikmati pelajarannya.

Satu pendekatan yang mungkin ingin Mama coba dan bisa saja bekerja dengan baik adalah memberi tahu anak-anak bahwa membaca Alquran dapat memberi mereka kekuatan khusus seperti iman kepada Allah subhanahu wa ta’ala, seperti halnya seorang pahlawan super.

3. Membacakan surah pendek di depan anak agar ditiru

Mama bisa membacakan surah pendek lebih dulu dihadapan anak. Semakin sering membacanya, anak akan familiar dan mulai coba mengikuti. Karena pada dasarnya, anak suka meniru tingkah laku orangtua.
Mama bisa membaca surah pendek sambil beraktivitas lain bersama anak.

4. Memiliki waktu Al-Qur’an untuk keluarga

Salah satu praktik paling efektif untuk mengajarkan anak cinta Al-Qur’an sejak dini adalah waktu Al-Qur’an untuk keluarga. Waktu di mana seluruh anggota keluarga inti membaca dan mempelajari Quran. Ini mendidik yang menyenangkan karena seluruh keluarga terlibat.

Alokasikan waktu harian atau mingguan untuk bergantian membaca Al-Qur’an sambil orang tua mengoreksi kesalahan anak. Selain itu ajarkan bagaimana Al-Qur’an dapat diterapkan dalam hidup kalian.

Ayat-ayat yang dipilih untuk anak-anak lebih kecil tentu saja berbeda dengan remaja. Waktu keluarga ini juga dapat dilakukan oleh anak-anak jika usianya sudah lebih besar. Ajarkan juga tajwid dan tafsir untuk kelancaran membaca dan pemahaman isi Al-Qur’an.

5. Ajak anak membaca dan menghafal Alquran setiap hari meskipun hanya beberapa ayat

Ajak anak membaca surah Al-Qur’an setiap hari dan menghafalnya meski hanya beberapa ayat. Tentukan surah apa yang akan dibaca dan dihafal lebih dulu.

Membaca Al-Qur’an sejak dini, sering kali terasa rumit dan anak Mama mungkin merasa sedih sekaligus kecewa dengan kemajuan mereka yang lambat. Tetaplah memberi semangat dan beri pemahaman bahwa ada saatnya kita melakukan kesalahan.

Melakukan kesalahan adalah bagian penting dari perjalanan ini, karena penelitian menunjukkan bahwa kesalahan harus dilakukan agar informasi benar-benar diserap. Penting bahwa anak-anak membuat kesalahan ini untuk menemukan jalan koreksi diri.

Dan berikan pujian jika anak menunjukkan kemajuan ketika membacanya. Penting, tidak peduli seberapa kecil untuk menjaga motivasi anak tetap tinggi dan meningkatkan kemauan mereka untuk belajar. Bisa dengan memberi pelukan atau makanan kesukaannya.

6. Mengajak ke acara-acara Islam yang bersinggungan dengan Al-Qur’an

Cara mengajarkan anak agar cinta Al-Qur’an sejak dini, lainnya adalah dengan mengajak mereka ke acara-acara Islam yang pastinya bersinggungan dengan Al-Qur’an. Contohnya, acara dongeng cerita yang bersumber dari Al-Qur’an.

Secara alami, anak-anak suka mendengar cerita. Ada sejumlah kisah yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan biasanya suka dipakai untuk acara mendongeng cerita Islam. Anak-anak dapat mengukir cinta pada Alquran dengan mendengarkan kisah-kisah tersebut.

Mama dan Papa pun bisa mengulang cerita tersebut di rumah. Menggunakan alat peraga sepertinya akan seru. Di samping itu, anak-anak juga dapat berhubungan dengan ayat-ayat yang berbicara tentang alam semesta dan tanda-tanda di dalamnya, seperti matahari, bulan, dan lain-lain.

7. Memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup untuk melepas stres

Untuk mengajarkan anak agar cinta Al-Qur’an sejak dini tanpa tertekan, pastikan anak-anak memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup. Biarkan anak-anak bermain dengan mainannya atau mengajaknya liburan. Anak tidak akan merasa selalu diburu dengan Al-Qur’an sehingga stres pun terlepas.

Yuk, mulai ajarkan anak agar cinta Al-Qur’an sejak dini untuk memetik hasilnya saat dewasa nanti.

Sumber :
https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/kid/4-5-years-old/zulfa-asliha/cara-mengajarkan-anak-agar-cinta-alquran-sejak-kecil

No Comments

Tinggalkan Komentar