Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Berbagai Macam Karakter Anak

Tuesday, 7 June 2022 Oleh : admin

Oleh : Fitri Apriyani, S.Pd.
(Guru Training TK YBIS)

 

Selain memberikan pendampingan dan pengawasan, penting juga bagi orang tua untuk mengenal ciri-ciri atau karakter anak pada masa kanak-kanak. Dalam hal ini setiap anak mempunyai sifat atau karakter yang bermacam-macam. Karakter anak ini dapat diketahui melalui beberapa hal, seperti kondisi intensitas reaksi, tingkat keaktifan, toleransi terhadap frustasi, hingga reaksi anak terhadap orang baru.

Beberapa hal ini dapat membantu Anda memahami jenis karakter anak. Dengan begitu, penting bagi setiap orang untuk untuk melihat setiap kecenderungan respon dan sikap anak dalam menghadapi berbagai macam hal. Meskipun terdengar sepele, namun beberapa hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui karakter alami dan kepribadian anak.

Selain mengetahui cara memahami karakter anak, terdapat langkah atau upaya yang bisa diterapkan untuk menghadapi anak ketika menunjukkan sisi karakternya. Beberapa cara ini dapat membantu anak mengembangkan minat dan bakat serta mencegah perilaku buruk yang dapat dikembangkan anak.

Cara mengatasi anak reaktor besar:

  • Antisipasi ledakan. Keluarkan anak Anda dengan lembut dari situasi yang berpotensi meledak. Coba alihkan pada hal atau libatkan anak pada aktivitas positif untuk mengeluarkan energi. Selain itu, Anda bisa memberikan pelukan pada anak ketika anak sedang marah atau meledak-ledak.
  • Tidur yang cukup. Pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup. Dengan kebutuhan tidur yang terpenuhi dengan baik dapat membantu mengontrol suasana hati anak.

 

Cara mengatasi anak reaksi rendah:

  • Ubah hal-hal yang dapat menarik perhatiannya. Pilih musik dengan ketukan dinamis atau gunakan suara yang dramatis saat membaca, sehingga anak bisa lebih tertarik, ekspresif, dan turut berpartisipasi aktif.
  • Rancang kegiatan yang sehingga anak dapat terlihat dalam aktivitas yang membuatnya lebih aktif bergerak.
  • Buat tubuhnya bergerak. Ajak anak untuk melakukan olahraga atau permainan yang melibatkan fisik, sehingga anak bisa lebih aktif bergerak.

 

Cara mengatasi anak yang kurang pasif:

  • Ajak anak untuk bergerak dengan menempatkan mainan yang menarik di luar tempat biasa dengan mudah mendapatkannya.
  • Ikuti petunjuk anak Anda, dan lakukan secara perlahan. Biarkan dia menonton anak-anak yang bermain di taman lalu sarankan dia untuk mencoba mainan seluncur atau wahana lainnya.
  • Mendengarkan musik bersama. Berikan musik dengan ketukan yang sedang sehingga dapat mendorong anak untuk menikmati dan menggerakkan tubuhnya.

 

Cara mengatasi anak yang mudah menyerah:

  • Ketika anak sedang bingung dan frustasi, validasi rasa frustrasi yang sedang dialaminya. Anda bisa mengatakan, “Teka-teki itu sulit! Itu membuat kamu sangat marah ketika potongannya tidak muat di tempat.”
  • Bantu anak memikirkan solusi. Dorong anak untuk mengembangkan pola pikir dalam mencari solusi, dan biarkan dia mengatasi masalahnya sendiri.
  • Coba lagi. Dalam beberapa kondisi, akan sulit bagi anak untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang sedang dihadapi. Berikan waktu bagi anak untuk bersantai sejenak, baik makan atau tidur siang. Sehingga anak bisa mendapatkan energi kembali untuk mengatasi tantangan sebelumnya.

 

Sumber :
https://www.merdeka.com/jateng/cara-memahami-karakter-anak-dan-ciri-cirinya-orang-tua-wajib-tahu-kln

Tulisan Lainnya

No Comments

Tinggalkan Komentar