Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

Bagaimana Cara Memilihkan Buku Bacaan Yang Tepat Untuk Anak-anak

Monday, 12 June 2023 Oleh : admin

Oleh : M. Donny Agusta, SE, MM
(Owner YBIS)

Bismillah
Alhamdulillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Membaca merupakan salah satu kegiatan penting dalam perkembangan anak. Buku bacaan tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga membantu meningkatkan daya imajinasi, kreativitas, serta kemampuan bahasa anak. Namun, dengan banyaknya pilihan buku yang tersedia, memilih buku yang tepat untuk anak bisa menjadi tugas yang menantang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih buku bacaan yang cocok untuk anak :

  1. Sesuaikan dengan usia dan minat anak 

Pertama-tama, perhatikan usia anak dan pilih buku yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Setiap usia memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda. Pastikan buku yang Ummi Aby pilih cocok untuk usia anak agar mereka bisa memahami isinya dengan baik. Selain itu, perhatikan juga minat anak. Apakah mereka suka binatang, cerita fantasi, atau topik lainnya? Memilih buku yang sesuai dengan minat mereka akan membuat mereka lebih tertarik dan antusias dalam membacanya.

  1. Perhatikan isi dan nilai-nilai yang disampaikan 

Pastikan isi buku tersebut memberikan pesan yang positif dan mendidik bagi anak. Pilih buku yang mengandung nilai-nilai ke Islaman, tauhid kepada Allah, adab dan akhlak seperti kejujuran, kerja keras, persahabatan, dan kebaikan lainnya. Buku dengan cerita yang menginspirasi dan membangun karakter positif dapat membantu membentuk kepribadian anak.

  1. Tinjau kualitas dan keaslian buku

Saat memilih buku untuk anak, penting untuk memperhatikan kualitas buku tersebut. Pastikan buku tersebut terbit dari penerbit terpercaya dan ditulis oleh penulis yang berpengalaman. Tinjau juga apakah buku tersebut memiliki ilustrasi yang menarik dan sesuai dengan isi cerita. Ilustrasi yang baik akan membantu anak lebih tertarik dan memahami cerita dengan lebih baik.

  1. Baca ulasan dan rekomendasi

Membaca ulasan dan rekomendasi tentang buku bacaan anak dapat memberikan panduan yang berharga. Ummi Aby dapat mencari ulasan dari orang tua atau pendidik yang telah membaca buku tersebut sebelumnya. Mereka bisa memberikan wawasan tentang kualitas, konten, dan kesesuaian buku dengan usia anak.

  1. Libatkan anak dalam proses pemilihan

Ajak anak untuk ikut serta dalam memilih buku bacaan mereka sendiri. Biarkan mereka memilih buku yang menarik minat mereka. Dengan melibatkan anak dalam proses ini, mereka akan merasa lebih bersemangat untuk membaca dan merasa memiliki buku tersebut.

  1. Variasikan jenis buku

Berikan variasi dalam pilihan buku bacaan anak. Sediakan buku cerita, buku bergambar, buku fakta, dan buku aktivitas. Dengan memberikan variasi, anak dapat mengembangkan minat dan keterampilan berbeda-beda serta menjaga keberagaman dalam membaca.

  1. Perhatikan kemampuan membaca anak

Sesuaikan tingkat kesulitan buku dengan kemampuan membaca anak. Jangan terlalu memaksakan buku yang terlalu sulit, namun juga jangan terlalu membatasi dengan buku yang terlalu mudah. Pilih buku yang menantang tetapi masih sesuai dengan kemampuan membaca anak, sehingga mereka dapat merasa termotivasi dan berkembang dalam membaca.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Ummi Aby dapat membantu memilih buku bacaan yang tepat untuk anak. Memberikan buku yang sesuai dengan minat, usia, dan kebutuhan mereka akan mendorong minat membaca yang lebih besar dan mengembangkan potensi mereka secara menyenangkan.

No Comments

Tinggalkan Komentar