Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.

6 MANFAAT MELATIH FISIK MOTORIK ANAK

Friday, 3 June 2022 Oleh : admin
Oleh : Zia Ulfah
(Guru TK YBIS)

 

Pentingnya melatih fisik motorik anak usia dini masih sering diabaikan oleh para orang tua. Padahal perkembangan motorik menjadi tolok ukur dalam menilai tumbuh kembang si kecil. Orang tua pastinya menginginkan anak yang sehat dan tumbuh secara normal.

Namun, terkadang ada kasus di mana orang tua lalai sehingga terjadi masalah dalam tumbuh kembang anak.

Mengapa Melatih Fisik Motorik Anak itu Penting ?

Bagi Anda yang masih belum tahu betapa pentingnya pelatihan tersebut, berikut ini beberapa alasan pentingnya fisik motorik untuk anak.

1. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Salah satu pentingnya pengembangan fisik motorik anak usia dini adalah membantu meningkatkan perkembangan kognitifnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan olahraga. Contoh sederhananya adalah melempar atau menangkap bola dengan tangan. Kegiatan tersebut bisa melatih fokus, pendengaran, interaksi, dan penglihatan anak.

Terus-menerus mengajarkan anak olahraga sederhana tersebut membantu untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini tentunya berdampak baik agar anak menjadi kuat saat melakukan berbagai gerakan atau kegiatan. Selain itu, secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi prestasi dalam akademiknya nanti.

2. Menciptakan dan Membangun Sikap Mandiri

Melatih fisik motorik anak usia dini juga berguna agar anak lebih mandiri. Jadi, jika ingin anak Anda tumbuh secara kuat dan mandiri, latihlah sejak dini. Anda bisa melakukannya melalui permainan yang melatih motoriknya. Namun, bukan berarti Anda langsung mengabaikan dan membiarkan si kecil sendirian.

Sebagai orang tua, Anda bisa mengarahkannya ke arah yang benar. Ketika anak sudah menunjukkan tanda bahwa dia bisa mandiri, mulailah untuk mengawasinya tanpa membantunya. Dengan begitu, anak akan terbiasa menyelesaikan pekerjaannya tanpa bantuan orang tua.

Contoh sederhananya bisa dilakukan dengan membiasakan anak makan sendiri. Anda bisa memberinya finger food, membiarkannya makan dengan sendok, dan sebagainya. Secara perlahan, anak akan terbiasa dan melakukannya sendiri.

3. Membangun dan Memupuk Rasa Percaya Diri Sejak Dini

Fisik dan motorik anak usia dini jika dilatih akan menciptakan rasa percaya diri. Rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh anak dalam lingkungannya. Hal ini karena percaya diri membuatnya lebih mudah untuk melakukan komunikasi dengan orang asing. Selain itu, rasa percaya diri meningkat jika anak terbiasa dalam melakukan interaksi.

Hal ini bisa didapatkan melalui aktivitas bermain bola bersama, bermain pasir bersama, dan lain sebagainya. Tindakan tersebut berdampak dalam motorik halusnya. Jadi, tidak ada salahnya membiarkan anak bermain bersama teman sebayanya. Karena tidak hanya membangun rasa percaya diri, tapi juga membangun kemampuan sosial anak.

4. Fisik dan Motorik Anak Usia Dini Membantu Anak untuk Lebih Fokus

Apakah Anda pernah melihat anak yang diajak bicara kemudian kurang nyambung? Salah satu alasan melatih fisik motorik anak yaitu untuk lebih fokus. Hal ini dikarenakan kegiatan pelatihan motorik akan membuat anak mengikuti gerakan dan fokus pada objek. Selain itu, kegiatan seperti menangkap atau melempar bola bisa mengkoordinasi antara tangan atau kaki dengan mata.

Aktivitas yang dilakukan menggunakan tangan bisa melatih anak untuk fokus dalam gerakan tangan. Semakin usia anak bertambah, kemampuannya pun akan bertambah dengan memanipulasi tangan. Contohnya latihan menulis, berhitung, menggambar, mengetik, dan lain sebagainya.

5. Merangsang Kemampuan Imajinasi dan Kreativitas Anak

Melatih perkembangan fisik motorik sejak dini bisa membantu untuk merangsang kemampuan imajinasi anak, loh. Secara tidak langsung hal ini juga berdampak pada kreativitasnya. Anda bisa melatihnya dengan memberikan beberapa permainan sederhana.

Saat anak tidak bisa menyelesaikan permainan, arahkan si kecil untuk membuatnya kembali mencoba. Dengan begitu, anak mempunyai rasa penasaran dan ingin melakukannya. Lalu, timbullah kreativitas secara sedikit demi sedikit.

6. Mempererat Hubungan dengan Orang Tua

Ternyata, melatih motorik anak sejak dini secara tidak langsung bisa mempererat hubungan antara anak dengan orang tua. Hal ini dikarenakan anak terus diberi stimulasi dan latihan perkembangan. Jika dilakukan dan dipantau bersama orang tua, anak pun akan merasa nyaman.

Chemistry antar anak dan kedua orang tua akan tercipta. Selain itu, anak pun akan lebih eksplor dalam perkembangannya. Menariknya, orang tua pun bisa tahu apa minat dari anaknya sehingga bisa membantu dalam menyalurkannya.

Itulah pentingnya melatih fisik motorik anak usia dini. Dengan melatih saat usia anak masih kecil, dia akan terbiasa dan tidak kaget dengan lingkungannya saat sekolah nanti.

 

Sumber : http://yd.blog.um.ac.id/

No Comments

Tinggalkan Komentar