Info
Sunday, 16 Jun 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
22 September 2022

Keseruan Anak-Anak SD YBIS Berenang

Thursday, 22 September 2022 Kategori : Kegiatan SD / Kegiatan Tahunan / Life Skill
Oleh : Adi Prayoga

Renang merupakan olahraga yang umum banyak dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, olahraga renang memiliki banyak manfaatnya karena dalam praktiknya banyak melibatkan sendi-sendi tubuh dan diantara manfaatnya menjaga dan meningkatkan kesehatan, melatih kekuatan fisik, meningkatkan stamina,  dan manfaat-manfaat lainnya.

Secara kesehatan dan medis olahraga renang sangat baik apabila dirutinkan, pun didalam syariat Islam Olahraga renang juga termasuk kedalam olahraga yang dianjurkan.

Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya,

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ ، قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحِيمِ الزُّهْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ ، وَجَابِرَ بْنَ عُمَيْرٍ الأَنْصَارِيَّيْنِ يَرْمِيَانِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ : مُلاعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ، وَتَأْدِيبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ ، وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ “

Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”. (HR. An-Nasa’i, dinilai Shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Belajar renang sejak kecil dapat membekali anak kemampuan cara bertahan hidup di air, anak-anak dilatih agar seluruh anggota tubuh bergerak lincah menelusuri air, tidak hanya itu renang juga dapat melatih tumbuh kembang anak agar menjadi lebih kuat fisiknya. hal ini yang dilakukan oleh anak-anak sekolah SD Yaa Bunayya Islamic School Palembang.

Alhamdulillahilladzi binni’matihi tatimmusholihaat. kegiatan renang telah sukses dilakukan oleh anak-anak ikhwan dan akhawat, kegiatan yang diselenggarakan sekolah SD Yaa Bunayya Islamic School ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut secara terpisah antara ikhwan (laki-laki) dan akhawat (perempuan) di kolam renang umum GHL (Gunung Hijau Lestari).

 

Banyak keseruan-keseruan yang terjadi selama kegiatan renang berlangsung, mereka diajarkan berenang, bermain perosotan dan keseruan lainnya. pada hari pertama khusus anak-anak ikhwan terlebih dahulu yang berenang di kolam renang GHL lalu dilanjutkan anak-anak akhawat pada hari keduanya.

Kegiatan renang merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Yaa Bunayya Islamic School dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar.

No Comments

Tinggalkan Komentar