Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
13 September 2022

Mengenal Huruf Pada Komputer

Tuesday, 13 September 2022 Kategori : Kegiatan TK / Life Skill
Oleh : Adelia Intan Rahmaniar, S.Kom.
(Guru TK YBIS)

 

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi khususnya di bidang komputer telah sedikit banyak merubah kebiasaan hidup dan cara kerja sehari-hari. Salah satu contohnya, sebelum komputer banyak digunakan jika akan membuat surat atau dokumen lainnya kita biasa menggunakan mesin tik dan sekarang hampir dapat dipastikan fungsi mesin tik telah dapat digantikan oleh komputer karena banyak keuntungan yang didapat seperti kerapihan surat, huruf yang bervariasi dan bantuan komputer di dalam perhitungan angka-angka.

Oleh karena itu penggunaan komputer tidak akan pernah berhenti dan akan selalu dibutuhkan seiring dengan kemajuan dari fungsi komputer itu sendiri.

Adalah salah satu inovasi terbaru di kelas anak usia dini tidak ada salahnya sejak kecil anak mulai tahu dan kenal apa itu komputer lewat animasi gambar, bersuara akan lebih jelas bagi anak, Diane Trister (2001:297). Hamalik (2001) mengemukakan bahwa pendidikan modern lebih menitik beratkan pada aktifitas sejati, dimana anak belajar sambil bekerja, sehingga memperoleh pengetahuan, pemahaman ketrampilan, nilai dan perilaku.

Media dapat disesuaikan dengan anak didik, guru dapat memilih menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, kebutuhan dan minat anak, sehingga mampu menumbuhkan semangat untuk belajar.

Pembelajaran multimedia bagi ananda TK Bunayya Islamic School kali ini yaitu mengenal huruf. Lalu apa fungsi anak belajar huruf?  Belajar huruf anak di usia dini, Aktivitas-aktivitas stimulasi untuk membaca juga akan dapat membantu mengembangkan kreativitas anak, mengembangkan kemampuan verbal, mengembangkan imajinasi dan tentunya membentuk kesukaan terhadap aktivitas membaca yang tentunya akan bermanfaat bagi anak seumur hidupnya, serta membantu mengembangkan kemampuan linguistik yang berkaitan dengan kosakata, tata bahasa, kemampuan mengeja, menulis, dan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik serta dapat mendukung perkembangan otaknya. Misalnya, melalui kegiatan membaca bersama orang tua atau guru, otak si Kecil akan mendapat masukan data kosakata dan mengembangkan jaringan syaraf otaknya dan koneksi sinaps.

Bagaimana setelahnya ananda bisa mengenal huruf yang ada pada papan ketik atau keyboard. Kemudian mencoba untuk mengurutkan huruf vokal seperti a,i,u,e, dan o serta huruf abjad dari a hingga z.

Untuk membiasakan ananda, Ummi memperkenalkan huruf kapital berdampingan dengan huruf-huruf kecil yang biasa ananda pelajari dikelas. Setelah dikenalkan huruf, Ummi memberi tugas kepada ananda untuk mengetik huruf yang sudah dipelajari sebelumnya, Ummi membagi kategori penulisan pada bagian mengenal huruf seperti pada ananda TK A mengetik huruf vokal Serta memberi tugas kepada ananda TK B untuk mengetik huruf urutan huruf abjad A sampai Z. Dengan belajar multimedia, dimana pembelajaran ini menggunakan perangkat komputer sebagai media pembelajaran nya diharapkan semakin menambah semangat anak untuk belajar.

Baarakallaahu fiikum…

 

Sumber :
Oktavia,dkk (2021). Media Pembelajaran Mengenal Angka , Huruf, Bentuk Dan Warna 
                    Berbasis Multimedia Interaktif. 7(1)

Rochanah, Luluk. (2016). Pemanfaatan Media Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan 
Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini (Urgensi Media Berbasis   
                         Komputer pada Peningatan Kemampuan Mengenal Huruf) 2(1). 2-5

https://www.wyethnutrition.co.id/manfaat-belajar-huruf-anak-di-usia-dini

No Comments

Tinggalkan Komentar