Info
Saturday, 13 Apr 2024
  • Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023 / 2024 untuk TK dan SD Yaa Bunayya Islamic School, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak pada website.
16 August 2022

Cooking Class, Mengenalkan Alat-alat Memasak Pada Anak

Tuesday, 16 August 2022 Kategori : Kegiatan TK / Life Skill
Penulis : Alpiah Ahmad
(Guru TK YBIS)

 

Masa kecil merupakan masa emas bagi anak-anak belajar dan menambah ilmu mereka dalam banyak hal melalui berbagai macam cara. Entah itu dengan cara yang umum seperti membaca buku, juga melalui kegiatan yang menyenangkan seperti memasak. Melalui kegiatan, akan ada banyak keterampilan yang di dapat bahkan akan di butuhkan di kemudian hari.

Cooking Class sendiri merupakan salah satu kegiatan life skill yang perlu kita budayakan kepada anak sejak usia TK, tentunya harus tetap dengan pengawasan ummi di sekolah. Kegiatan cooking class itu sendiri selain bermanfaat untuk mengasah kreatifitas anak, ternyata masih banyak sekali manfaatnya, diantaranya yaitu anak-anak akan mengerti konsep matematika dasar, kemampuan motorik, sensori, ilmu pengetahuan, rasa dan warna makanan, bahkan rasa percaya diri.

Berkaitan dengan hal itu, TK Islam Yaa Bunayya menerapkan kegiatan cooking class yang melibatkan langsung peserta didik yang di dampingi oleh para ummi di sekolah. Untuk kesempatan kali ini, anak didik di kenalkan langsung dengan alat-alat memasak yang ada di dapur seperti kompor gas, gas dan selang regulator, panci, wajan, spatula, sutil, piring, gelas, sendok, mangkuk, whisk, talenan, pisau, dll, tidak lupa setiap alat-alatnya di jelaskan fungsi kegunaannya serta resiko jika kita ceroboh dalam menggunakannya . Hal ini dilakukan agar peserta didik mengetahui cara menggunakan alat-alat memasak dan akan lebih berhati-hati saat penggunaannya nanti.

Kegiatan cooking class juga dapat membantu anak untuk mengenal berbagai macam rasa, hal ini dapat mengembangkan sensori anak usai dini. Anak-anak yang dilibatkan dalam proses memasak akan lebih tertarik untuk mencoba makanan baru sehingga anak dapat mengenal rasa yang baru juga. Kegiatan ini juga dapat menjadikan salah satu kegiatan sains bagi anak. Anak-anak dapat melihat bahan berubah warna, tekstur dan bentuk dan mereka juga dapat membuat prediksi dan pengamatan misalnya apa yang terjadi jika menggunakan terlalu banyak atau sedikit air, garam atau bahan-bahan lainnya. Anak-anak dapat mengekspresikan kreativitasnya melalui pengembangan resep dan penyajian makanan. Anak-anak juga dapat mengenal rasa dari bahan-bahan yang ada disekitar kita. Misalnya rasa asam dari buah jeruk nipis atau lemon, rasa asin dari garam, rasa manis dari gula atau madu dll.

Nah itu tadi moms keseruan kami hari ini selama melaksanakan kegiatan cooking class. Seruu ya moms ? Selain banyak manfaat kegiatan cooking class ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat diminati banyak anak usia dini. Jadi jangan takut untuk anak masuk dapur ya moms, selama dalam pengawasan mama di rumah dan ummi di sekolah insyaa Allah aman yaa moms. Di tunggu yaa keseruan cooking class di sekolah kami selanjutnya.

 

Sumber :
Yaa Bunayya Islamic School

Tulisan Lainnya

No Comments

Tinggalkan Komentar